Copied to clipboard!

Ilustrasi berkednara saat hujan. (Shutterstock)



TIPS

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Terpaksa Mengemudi Saat Hujan

Author : Herdi Muhardi

24 Sep 2020


Mengemudi mobil saat hujan seperti beberapa hari belakangan ini memang cukup berbahaya bahkan ada yang menyebutkan resiko kecelakaan lebih tinggi. Pasalnya, kondisi jalanan akan menjadi basah dan licin, serta daya jangkau penglihatan kita ke arah depan akan terganggu.

Kendati demikian, tak sedikit masyarakat tetap nekat mengemudi saat hujan, karena berbagai keperluan dan alasan mendesak. Oleh karena itu, jika OLXer memang ingin mengemudi saat musim hujan seperti saat ini, perhatikan beberapa hal yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Tunggu Hujan Reda

Seperti disebutkan di atas mengemudi saat hujan memang lebih beresiko. Namun jika memang harus dilakukan maka yang perlu OLXer lakukan adalah tunggu beberapa saat sampai hujan sedikit reda. Tentu saja ini bisa dilakukan untuk menghindari bahaya di jalanan karena hujan.

2. Periksa Ulang Perlengkapan Mobil

mengemudi musim hujan
Ilustrasi mengemudi saat musim hujan. (Shutterstock)

Sebelum mengemudi saat hujan, sebaiknya pastikan peralatan mobil berfungsi dengan baik. Periksa beberapa bagian seperti lampu depan, lampu belakang, dan wiper kaca depan, klakson dan lainnya. Pastikan semua bekerja secara efisien saat dibutuhkan.

Selain itu, periksa juga tapak ban, karena ban botak dapat sangat mengurangi traksi di jalan yang basah.

3. Atur Kecepatan

Saat hujan, sebaiknya jangan ngebut. Sebaliknya batas kecepatan diatur. Sebab, jalan basah memang sangat berbahaya. Waktu reaksi mobil untuk berhenti jadi jauh lebih lambat saat hujan. Kecepatan yang berkurang sangat penting dalam cuaca hujan.

4. Pastikan Lampu Depan Menyala

Mengemudi saat hujan
Ilustrasi penggunaan lampu utama saat mengemudi ketika kondisi hujan. (Shutterstock)

Saat mengemudi dan turun hujan dengan sangat lebat, jangan menggunakan lampu hazard. Sebaliknya, cukup  menyalakan lampu utama  atau lampu kabut.

Jika memang jalanan berkabut, bisa juga menyalakan lampu depan untuk meningkatkan visibilitas agar pengemudi lain juga lebih waspada untuk melihat mobil Anda di jalan.

5. Pastikan Wiper Kaca Depan Berfungsi

Wiper juga sangat penting perannya saat mengemudi dalam kondisi hujan. Sebab alat ini bisa menyapu air, sehingga visibilitas kita ke depan jadi terbantu.

6. Jaga Jarak Aman

Ketika mengemudi saat hujan, pastika menjaga jarak mobil OLXer dengan yang lainnya. Berilah jarak lebih jauh antara mobil. Kenapa demikian? Karena saat kondisi hujan menghentikan mobil akan lebih sulit.

7. Hindari Pengereman Mendadak

Mengemudi saat musim hujan
Mengemudi saat musim hujan

Cobalah untuk memperlambat kendaraan dengan melepaskan kaki dari pedal gas lebih awal dari biasanya sebagai persiapan untuk memperlambat atau berhenti. Sebab, jika melakukan pengereman mendadak, biasanya ban akan meluncur tanpa mudah dikendalikan.

8. Waspadai Genangan Air

Jika menerabas genangan bukan tak mungkin bisa menyebabkan hydroplaning. Nah, jika terasa ban melayang dan sulit dikendalikan karena Hydroplaning, maka cara yang tepat adalah melepas pedal gas dan kemudian arahkan lingkar kemudi ke jalur yang lebih aman. Sebaliknya, hindari berbelok tiba-tiba atau menginjak rem secara mendadak.

9. Hindari Penggunaan Fitur Cruise Control

Fitur  Cruise control memang dapat memanjakan pengemudi, karena dengan fitur ini pengemudi tak perlu menginjak pedal gas.  Kendati demikian, Cruise Control sangat tidak disarankan digunakan saat kondisi hujan. Hal ini dikarenakan mobil berpotensi selip dan justru akan membahayakan.

10. Nyalakan AC atau Beri ruang Ventilasi

AC Mobil
Ilustrasi ac mobil. (Shutterstock)

Mengemudi saat hujan biasanya menyebabkan tingkat kelembaban meningkat, dan kaca jendela menjadi berembun sehingga visibilitas kita terbatas. Untuk menghilangkan embun, cara yang paling ampuh tetap menyalakan AC atau sedikit membuka kaca jendela.

Jika memang OLXer merasa tetap terganggu ketika mengemudi saat hujan, sebaiknya menepi kemudian beristirahat sejenak dan tentunya di teman yang aman ya OLXer.