OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  10 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengalami Kecelakaan



10 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengalami Kecelakaan

07 Oct 2021

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas di jalan tol. (Istimewa)

Sudah sepatutnya ketika mengemudi kita wajib mengutamakan keselamatan berkendara. Meskipun kecelakaan memang bisa menimpa siapa saja tanpa ada yang tahu kapan dan dimana.

Bahkan, meski kita sudah menerapkan sistem keselamatan ganda dengan berhati-hati saat memacu mobil dan mematuhi aturan rambu lalu lintas, namun saat di jalan kemungkinan adanya terjadi insiden yang tak diinginkan bisa saja terjadi.

Ya, terkadang kita sudah hati-hati saat mengemudi, namun ada saja pengemudi sembrono, sehingga merugikan pengguna jalan lainnya, seperti cuma tersenggol hingga kecelakaan yang menyebabkan kerusakan parah.

Bicara soal kecelakaan saat berkendara, mungkin musibah ini tak ingin dialami siapapun. Namun begitu, ketika itu terjadi pada OLXer maka ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti dilansir dari berbagai sumber, yaitu,:

1. Jangan panik

Menurut berbagai sumber, jika mengalami kecelakaan hal utama yang perlu dilakukan jangan panik dan tetap tenang.

Sebaiknya, sebelum mengambil keputusan, atur nafas, pejamkan mata sesaat dan berdoa agar semuanya baik-baik saja.

2. Segera menepi ke sisi jalan

Jika perasaan sudah terkendali, segera mencari tempat aman dan menghindari lokasi kecelakan untuk mengurangi risiko kecelakaan atau tabrakan beruntun.

3. Nyalakan lampu darurat

Jika mengalami kecelakaan, sebaiknya nyalakan lampu darurat atau hazard sebagai sinyal, jika kendaraan yang OLxer tumpangi mengalami masalah.

4. Periksa apakah terdapat korban

Jika memang terdapat korban kecelakaan, OLXer jangan langsung melakukan pertolongan dengan memindahkan nya. Sebaliknya, tanyakan dulu apakah ada rasa sakit dibagian tubuh. Hal ini untuk mengurangi cedera pada korban kecelakaan ketika melakukan evakuasi.

5. Hubungi pihak berwenang

Ketika mengalami kecelakaan, sebaiknya langsung menghubungi pihak berwenang, mulai dari kepolisian, hingga petugas derek dan juga asuransi.

Ketika menghubungi polisi, catat nama polisi, wilayah tugas, dan nomor anggota agar mudah mendapatkan informasi dan laporan dari kepolisian jika mengalami kerusakan.

Selain itu, sebaiknya ceritakan kejadian yang sebenarnya dan hindari melakukan kebohongan walaupun posisimu berada di pihak yang salah.

6. Cari saksi

Jika pun ada saksi dalam kecelakaan tersebut, maka mintalah kesaksian secara obyektif. Tanyakan bagaimana persepsi orang lain terhadap kecelakaan yang OLXer alami.

Sebisa mungkin, lakukan percakapan dengan baik dan sopan, termasuk kepada orang yang membuatmu terlibat dalam sebuah kecelakaan.

7. Cek plat nomor dan foto kondisi sekitar

Ketika mengalami kecelakaan, OLXer juga perlu mengecek plat nomor dan mencatatnya, serta foto bagian-bagian mobil yang mengalami kerusakan termasuk kondisi di sekitar lokasi kecelakaan.

8. Jangan membuat kesepakatan

Jika mengalami kecelakaan, OLXer jangan membuat kesepakatan apapun, seperti penggantian uang dan lainnya, tanpa memberi tahu perusahaan asuransi.

9. Jika merasa aman periksa kembali kondisi sekitar

Ketika sudah mengalami kecelakaan, periksa kembali di sekitar lokasi agar tak ada benda atau barang yang tertinggal.

10. Cari informasi tentang kerugian yang terjadi

Jika tidak tidak memiliki asuransi, tak ada salahnya jika sudah mengalami kecelakaan, memeriksa kembali bagian apa saja yang mengalami kerugian.

Setidaknya, OLXer jadi tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti komponen dan biaya perbaikannya. Syukur-syukur ditanggung oleh yang menabrak atau OLXer juga harus bertanggung jawab menggantinya kepada korban.

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga