Copied to clipboard!

Ilustrasi seorang bengkel sedang melakukan pengecekan pada bagian mesin mobil Honda. (HPM)



BERITA

10 Hal yang Perlu Konsumen Ketahui Soal Recall Mobil Honda di Indonesia

Author : Herdi Muhardi

17 Jul 2020


Honda telah melakukan kampanye perbaikan atau recall karena terdapat ketidaksesuaian pada Fuel Pump yang dialam sembilan mobil andalannya, mulai dari  Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic dan Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Menurut Honda, istilah recall merupakan suatu program yang biasa dilakukan produsen untuk melakukan update atau perbaikan terhadap produk yang sudah ada di tangan konsumennya. 

Selain itu, bagi Honda langkah ini dilakukan oleh produsen sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap produknya, sekalipun telah berada di tangan konsumen. Tentunya, tujuan dari program ini adalah memastikan setiap konsumen dapat terus menggunakan produk Honda dengan aman dan nyaman.

“Perbaikan komponen Fuel Pump ini merupakan bagian dari upaya Honda untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi. Proses pemeriksaan dan penggantian komponen dilakukan tanpa memungut biaya apapun," ungkap ungkap Service & Parts Asst. General Manager PT Honda Prospect Motor, Denny MT dalam pesan tertulis.

Berikut adalah beberapa hal dan langkah-langkah yang perlu Anda ketahui dan dapat membantu memudahkan terkait dengan program recall Honda ini:

1. Bagaimana mengetahui mobil termasuk dalam program recall?

Customer Care atau dealer Honda akan menghubungi customer dan mengirimkan surat pemberitahuan langsung untuk menginformasikan apabila mobil customer perlu termasuk dalam program pemanggilan untuk perbaikan. 

Selain itu, OLXer yang memiliki mobil Honda bisa melakukan pengecekan sendiri dengan memasukkan nomor rangka mobil di website http://pud.honda-indonesia.com/

2. Apa yang perlu dilakukan jika mobil termasuk dalam program recall?

Honda akan menghimbau untuk segera menghubungi dealer resmi Honda untuk melakukan perbaikan. Setelah itu, OLXer dapat melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi Honda terdekat yang dapat dicek atau melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store / Play Store. 

Khusus yang melakukan booking untuk penggantian Fuel Pump melalui aplikasi Honda e-Care, akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis* selama bulan Juli – September 2020.

3. Apakah program recall ini dapat dilakukan di seluruh bengkel resmi Honda?

Ya, program recall dapat dilakukan di seluruh bengkel resmi Honda di Indonesia. Daftar dealer terdekat dari lokasi yang dapat dicek di laman resmi.

4. Apakah akan dikenakan biaya untuk program recall ini?

Seluruh proses penggantian komponen Fuel Pump dilakukan tanpa dipungut biaya.

5. Apakah ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program penarikan kembali?

Tidak ada. Apabila mobil termasuk dalam program recall, maka dapat langsung melakukan booking service di bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian.

6. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan perbaikan di program ini?

Waktu untuk perbaikan bervariasi, tergantung pada jenis komponen yang diperbaiki. Akan tetapi untuk program penggantian komponen Fuel Pump membutuhkan waktu sekitar 60 – 90 menit.

7. Apakah kendaraan aman digunakan selama menunggu penggantian komponen tersebut?

Ya, OLXer tetap dapat menggunakan kendaraan, namun disarankan untuk segera melakukan penggantian komponen di bengkel resmi Honda.

8. Apakah ada batasan waktu untuk program recall?

Program recall Fuel Pump dimulai pada 15 Juli 2020. Meskipun tidak ada batasan waktu, namun tetap disarankan untuk melakukan perbaikan secepatnya.

9. Sebelumnya sudah melakukan perbaikan dalam program recall di bengkel resmi Honda. Mengapa sekarang kembali dipanggil untuk program recall?

Hal ini dilakukan untuk evaluasi terhadap produk-produk yang telah diproduksi untuk menjaga standar dan kualitas tertinggi. Tindakan pemanggilan kembali atau recall akan dilakukan saat ditemukan adanya ketidaksesuaian dengan standar produksi, sehingga Honda dapat melakukan penggantian komponen sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan konsumen. 

10. Apakah perbaikan di program ini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Home Service?

Terkait dengan prosedur perbaikan, proses penggantian komponen Fuel Pump hanya dapat dilakukan di bengkel resmi Honda. Sebagai pilihan, OLXer juga dapat memesan layanan pick up service atau penjemputan mobil ke rumah sesuai dengan ketersediaan di masing-masing dealer.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, setiap dealer Honda akan tetap melakukan protokol kesehatan pada setiap pengunjung dealer, meliputi pengecekan suhu badan, himbauan untuk menggunakan masker, penerapan physical distancing di ruang penerimaan dan ruang tunggu serta proses sanitasi terhadap fasilitas dealer dan kendaraan pelanggan. 

Selain itu, saat melakukan pengerjaan, teknisi juga akan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di dalam kabin serta wajib menggunakan masker dan sarung tangan.

Jika OLXer masih memiliki pertanyaan mengenai program ini, OLXer dapat menghubungi Customer Care Honda di 0-800-1446-632 dari Senin – Jumat, pukul 08.00 sampai 17.30 WIB.