LAINNYA

10 Jenis Makanan Super di Usia 50 Tahun (Bagian 1)

27 Sep 2019

Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi nih OLXer, semakin bertambahnya usia maka tubuh kita pun semakin rusak. Beberapa jenis kegiatan yang dulunya intens dilakukan, mungkin sudah tidak cocok lagi bagi di usia tua. Begitu juga soal makanan. Biasanya dokter sudah mulai melarang ini atau pun itu, padahal mungkin OLXer senang banget mengkonsumsinya.

Semua itu karena kita tidak bisa melawan takdir untuk menjadi tua. Untungnya, ada berbagai macam perubahan yang dapat OLXer lakukan untuk memperlambat proses penuaan itu.

Salah satunya adalah dengan terbiasa makan makanan seimbang. Ini bisa membantu memperpanjang usia kalian untuk hidup dalam kondisi sehat. 

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang baik untuk OLXer di segala usia, tetapi memiliki manfaat khusus bagi yang berusia di atas 50 tahun. 

Berikut adalah 10 makanan super yang akan menjaga OLXer tetap prima di usia emas; 

1. Beans

Ketika mendekati usia paruh baya, risiko untuk masalah seperti diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi pasti meningkat. 

Menambahkan kacang ke dalam diet harian OLXer adalah cara yang fantastis untuk mengurangi risiko itu kembali. Dengan ¾ cangkir kacang setiap hari mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) OLXer hingga 5 persen. 

Bahkan kacang juga bisa meningkatkan kadar gula darah pada orang yang sudah menderita diabetes.

Ada beragam kacang yang luar biasa, jadi OLXer harus bisa menemukan satu atau dua varietas yang sangat disukai. 

Satu hal yang perlu diingat kalau OLXer memilih kacang kaleng, sebaiknya dibilas sebelum makan, karena makanan kaleng mengandung natrium yang sangat tinggi.

2. Oat

Risiko penyakit jantung adalah salah satu ukuran kesehatan yang meningkat secara dramatis begitu pria mencapai 45 tahun dan wanita saat 55 tahun. Oleh karena itu, semakin banyak makanan penurun kolesterol yang bisa OLXer masukkan ke dalam makanan, akan semakin baik. 

Oat sangat bagus untuk ini karena jenis serat larut yang disebut beta glukan. Serat larut mengikat dengan kolesterol selama pencernaan dan memungkinkannya untuk keluar dari tubuh. 

Targetkan setidaknya 3 gram beta glukan setiap hari untuk mengurangi kadar kolesterol total dan LDL 5-10 persen. 

Sangat worth it, karena orang yang makan banyak gandum diketahui memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah daripada orang yang tidak. 

Oat adalah bahan pokok yang sangat terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengambil kebiasaan untuk mengkonsumsinya!

3. Apel

Apel merah adalah buah yang fantastis karena banyak alasan. Apel bisa menurunkan risiko diabetes dengan membantu mengatur kadar gula darah. Di dalamnya mengandung rata-rata 5 gram serat yang dapat menurunkan kolesterol. 

Dan apel juga mengandung zat yang disebut quercetin yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Buah ini juga merupakan sumber vitamin C, potasium, dan antioksidan yang andal. Namun, apel memang muncul dalam daftar Dirty Dozen untuk residu pestisida, jadi kalau bisa upayakan mengkonsumsi apel organik.

4. Kacang

Terkadang kita tidak bisa menghindar dari cemilan asin dalam bentuk keripik atau kerupuk. Ingatlah, bila OLXer doyan dengan dua jenis makanan tersebut, artinya OLXer sudah banyak mengkonsumsi lemak jenuh dan natrium. 

Mengap tidak coba menggantinya dengan kacang? Penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu ons kacang campuran setiap hari mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sebesar 28 persen. 

Tidak harus kacang campur, varietas apa pun yang OLXer suka, silakan. Termasuk kacang yang harganya jauh lebih terjangkau. 

Makanlah kacang segenggam atau bisa juga dengan cara dipotong-potong kecil dan memanggangnya sebagai topping renyah untuk campuran salad atau sayuran panggang.

5. Sayuran Hijau

Semua jenis makanan di atas khusus untuk meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme OLXer, tapi bagaimana dengan kekuatan otak? 

Sayuran hijau menjadi solusi tepat untuk hal tersebut. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa makan banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, kemampuan kognitifnya lebih baik dibanding dengan orang yang berusia 11 tahun lebih muda yang jarang mengonsumsi makanan ini.

Tapi yang harus diperhatikan adalah sayuran berdaun hijau tidak bercampur baik dengan obat pengencer darah. Bicarakan dengan dokter tentang ukuran porsi yang tepat jika OLXer sedang mengkonsumsi obat tersebut. (Bersambung)