Copied to clipboard!

Ilustrasi 10 Mobil Anti Peluru. (Carbuzz)



BERITA

10 Mobil Anti Peluru Khusus Miliuner

Author : Herdi Muhardi

17 Jul 2020


Sejumlah pabrikan otomotif ingin memberikan produk berupa mobil terbaik kepada konsumen. Termasuk menerapkan sejumlah fitur-fitur dengan tingkat keamanan sangat tinggi.

Ya, mobil anti peluru kerap kali dibuat pabrikan otomotif ternama untuk konsumen spesial yang sangat membutuhkan keamanan ekstra. 

Untuk mendapatkan mobil anti peluru juga tak sembarangan orang bisa membelinya, karena memang mobil ini hanya dibuat sesuai pesanan dan tidak diproduksi secara masal.

Beberapa konsumen yang menggunakan mobil anti peluru, seperti halnya presiden, politisi, duta besar, hingga pengusaha yang tajir melintir.

Adapun mobil anti peluru yang saat ini dibuat sejumlah pabrikan disebut-sebut mampu menahan rentetan peluru yang dilontarkan pistol, AK-47, M16 hingga granat nanas sampai gas beracun.

Hal ini tak lepas dari bahan atau material yang dibangun dari bodi lapis baja dan juga kaca jendela bahan armaid atau serat sintetis dan komponen polyethylene yang kemudian dilapisi polikarbonat sehingga tak bisa pecah dan tahan panas.

Lapisan yang sangat kuat ini tak hanya sekadar pada bodi dan kaca, tetapi juga pada bagian tangki bahan bakar dan juga ban.

Nah, OLXer mau tau mobil anti peluru khusus miliuner, berikut daftar mobilnya:

1. Mercedes S-Class Guard

Mercedes-Benz S Guard
Mercedes-Benz S Guard mobil anti peluru. (Carbuzz)

Mercedes Benz S-Class Guard mungkin cukup familiar, hal ini karena Presiden Joko Widodo menggunakan seri S600 Guard. Mobil ini sudah memiliki sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan tahan ledakan. 

Mobil ini sudah mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc yang menghasilkan tenaga mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm, dan kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kilometer per jam.

2. Audi RS7 Sportback garapan AddArmor

Audi RS7 Sportback AddArmor mobil anti peluru. (Carbuzz)
Audi RS7 Sportback AddArmor mobil anti peluru. (Carbuzz)

Audi RS7 Sportback garapan AddArmor diklaim sebagai mobil lapis baja terlindung ke tercepat di dunia karena mampu berakselerasi hingga 325 km per jam, mesin ini dibuat dari model RS7 Sportback.

Untuk jantung pacunya, mobil ini dibenamkan mesin V8 4.0 liter dilengkapi dengan sistem APR Plus Stage II yang sanggup menghasilkan daya 760 Tk dan torsi 1.085 Nm. 

Dengan mesin tersebut mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km per jam hanya dalam 2,9 detik.

3. Range Rover Sentinel 

Range Rover Sentinel
Range Rover Sentinel mobil anti peluru. (Carbuzz)

Range Rover Sentinel merupakan mobil lapis baja (armoured car) yang pertama diluncurkan pada 2015 dengan kemampuan off-road.

Mobil ini mengusung mesin V8 5.000 cc bertenaga 380 Tk yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 10,4 detik dan meraih top speed 193 km/jam.

4. Rolls-Royce Cullinan Klassen

Rolls-Royce Cullinan Klassen mobil anti peluru. (Carbuzz)

Seakan tak mau kalah, merek mobil super mewah Rolls-Royce ditangan perusahaan Jerman, Klassen membuat mobil asal Inggris ini jadi anti peluru yang disebut Rolls-Royce Cullinan yang berjenis SUV premium.

Sistem bullet proof pada bodi Rolls-Royce Cullinan diklaim Klassen menggunakan Level 7 dan Level 9 ballistic protection.

5. Lincoln Navigator L

Lincoln Navigator L
Lincoln Navigator L mobil anti peluru. (Carbuzz)

Lincoln Navigator L, mobil dengan body bongsor asal Amerika Serikat ini telah dimodifikasi oleh perusahaan Inkas di Toronto, Kanada, yang mampu menahan ledakan dua granat sekaligus. 

Lincoln Navigator L dijejali mesin EcoBoost V6 3,5 liter twin-turbo dengan 450 hp dan  691 Nm.

6. Alpineco Land Cruiser 78 Series

Land Cruiser 78 Series
Land Cruiser 78 Series mobil anti peluru. (Carbuzz)

Tak semua mobil anti peluru merupakan mobil paling terbaru. Sebab, perusahaan berbasis di Virginia, Alpineco memuat mobil anti peluru dari sosok Land Cruiser 78 Series. 

Sama seperti mobil anti peluru lainnya, mobil ini mampu menahan peluru, anti ranjau dan granat.

7. Volvo XC90

Volvo XC90
CaptiVolvo XC90. 

Volvo XC90 jadi mobil kendaraan pengamanan yang telah dilapisi baja pada body sehingga memiliki bobot 4,5 ton saat diisi 5 penumpang. 

Mobil ini mendapatkan peringkat perlindungan VPAM VR8 yang merupakan instansi meneliti, menguji dan mengembangkan material tahan peluru. Peringkat VR8 menandakan resistansi balistik 360 derajat pada mobil Volvo. 

8. Jeep Cherokee Trackhawk Besutan Armormax

Jeep Cherokee Trackhawk
Jeep Cherokee Trackhawk. (Armomax)

SUV lapis baja dengan tingkat kinerja paling gila bisa saja merupakan Armormax Cherokee Trailhawk. Pasalnya, Armormax yang merupakan perusahaan baja asal Amerika memiliki daftar panjang soal pengadaan fitur memiliki lapis pelindung  bersertifikasi. 

Mobil ini juga disebut mampu melindungi dari ledakan bom, dan banyak perlengkapan bergaya James Bond.

Jeep Cherokee Trackhawk besutan Armormax juga dibenamkan mesin Hellcat yang menghasilkan daya 707 Tk.

9. Audi A8 L

Audi A8 L Security
Audi A8 L Security. 

Audi A8 L Security merupakan mobil paling eksklusif dengan sejumlah fitur keamanan tingkat tinggi yang terdiri dua pilihan mesin: 4.0 TFSI dan W12.

Audi A8 L Security memiliki kabin berbahan baja tahan panas, kain aramid, keramik, alumunium khusus dan kaca berlaminasi ganda. Bahan alumunium yang telah diuji balistik pada kusen samping meningkatkan perlindungan para penumpang dari senjata peledak.

Audi A8 L Security dapat menahan serangan granat tangan militer tanpa menimbulkan ancaman mematikan bagi para penumpang di dalam kabin.

Oleh karena itu, A8 L Security telah mendapat sertifikasi standar perlindungan kelas VR7 dari German Ballistics Testing Center, sesuai dengan pedoman BRV 2009 (Bullet Resistance Vehicle). Bahkan di beberapa bagian dari A8 L Security telah memenuhi kriteria kelas VR 9 dan VR 10.

10. BMW X5 VR6

BMW X5 VR6
BMW X5 VR6. (Carbuzz)

BMW X5 VR6 menjadi mobil anti peluru dan juga ledakan bom yang materialnya bisa menahan penetrasi peluru 7.62×39mm dari AK-47, dan ledakan bom TNT 15 kg dengan jarak sejauh 4 meter.

Kaca mobil ini juga  semua sisinya punya ketebalan 30 mm, sehingga dapat menahan tembakan pistol. Apalagi didukung dengan lapisan polikarbonat agar bisa melindungi penumpang dari pecahan kaca.

Selain itu, kaca yang dilengkapi teknologi Post Blast Protective ini dapat menjaga kaca berada pada posisi aslinya, meski terkena ledakan TNT tim dengan skala 15 kg dan ledakan granat tangan.