Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Berita11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    Sama seperti mesin mobil, bagian Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara juga perlu dilakukan perawatan atau servis secara rutin. Hal ini karena AC memiliki peran sangat penting yaitu selain memberikan hawa sejuk juga mampu menghilangkan embun di kaca saat mengemudi kala hujan.

    Bahkan dewasa ini AC juga jadi fitur standar yang harus dan wajib ada disetiap mobil keluaran terbaru.

    Namun begitu, tak banyak orang tahu, jika perawatan AC juga mirip seperti mobil. Seperti dilansir bengkel AC Rotary Bintaro, umumnya service AC mobil dilakukan setiap jarak tempuh 10 ribu sampai 16 ribu km tergantung dari medan yang kita lewati.

    Nah, OLXer mau kenapa AC harus tetap rajin di servis, berikut ulasannya seperti dilansir Rotary Bintaro:

    1. Menjaga Performa Mesin AC Mobil

    Mobil yang digunakan secara rutin akan menyebabkan komponen komponen mesin didalamnya menjadi aus. Salah satunya adalah komponen AC mobil, di dalam mesin AC mobil terdapat banyak part, misalnya filter, oli AC, dan lain-lain.

    Jika melakukan service AC mobil secara rutin part part tersebut akan di bersihkan atau di isi ulang oleh teknisi. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi performa mesin AC mobil kita.

    2. Mengetahui Kondisi Mesin AC Mobil

    Service AC mobil secara rutin berfungsi untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada AC sejak dini. Dengan begitu kerusakan pada komponen yang bermasalah dapat dengan cepat diperbaiki sehingga tidak mengganggu kinerja komponen lainnya.

    3. Menghindari Bau AC Mobil

    Bau pada AC mobil dapat disebabkan karena filter AC yang tidak pernah diganti. Dalam service AC mobil berkala penggantian filter sangat dianjurkan mengingat fungsi filter untuk menyaring bakteri dan debu yang masuk.

    Selain itu service AC mobil secara rutin sangat direkomendasikan untuk membersihkan bagian kondensor,evaporator,dan blower karena bagian bagian tersebut apabila tersumbat akan mengakibatkan bau tak sedap pada saat AC dinyalakan.

    4. Menghindari AC Mati Tiba-Tiba

    Pernah mengalami AC mobil mati secara tiba tiba pada saat melaju di jalan? Seperti diketahui, kegagalan sistem pada mesin AC mobil dapat diakibatkan karena kelalaian dalam service berkala.

    Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut di atas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.

    5. Memperpanjang Umur Kendaraan

    Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko adanya kerusakan yang lebih besar dapat dikurangi sekecil mungkin. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama karena komponen yang terawat dengan baik.

    6. Service Berkala Syarat Mutlak Untuk Proses Klaim Garansi

    Umumnya apabila mobil masih berada pada masa garansi, kerusakan dan juga penggantian parts akan diberikan secara cuma-cuma oleh dealer yang bersangkutan.

    Namun beberapa dealer memberikan syarat agar kendaraan di service secara berkala untuk memperoleh klaim garansi tersebut. Tetapi syarat tersebut tidak semua dealer memberlakukannya. Untuk lebih jelas kita dapat menghubungi tempat kita membeli kendaraan.

    7. Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

    Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang secara menyeluruh. Di dalam suatu sistem kendaraan terdapat komponen yang saling terkait satu sama lain.

    Misalnya jika diketahui sistem kondensor bekerja dengan baik, maka tidak was-was AC mati di tengah jalan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, tentunya akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.

    8. Menghindari Korosi Pada Komponen

    Komponen didalam mesin AC terdiri dari material yang rentan terkena korosi. Terlebih lagi jika kita tidak pernah melakukan service berkala. Komponen akan mudah korosi dan yang terparah harus mengganti komponen tersebut yang biaya service AC mobil tentunya tidak murah.

    Korosi pada AC mobil utamanya pada sektor kondensor disebabkan oleh kontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi ini akan menjadi bersifat asam dan menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.

    9. Menghindari Dari Bahaya Bakteri yang Masuk di Kabin Mobil

    Filter pada mobil yang tidak pernah diganti akan menyebabkan bakteri berbahaya masuk kedalam kabin mobil. Selalu cek kondisi filter kabin utamanya,anda dapat mengecek kondisi filter kabin tanpa membawa ke bengkel service AC mobil. Service AC mobil sendiri selain bisa menekan biaya service AC mobil,kita juga tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mengantri di bengkel.

    10.   Menghindari Overheating Pada Sistem Mesin AC Mobil

    Overheating pada sistem mesin AC mobil dapat disebabkan oleh kipas radiator atau kipas kondensor mati. Kerusakan pada kipas radiator ini dapat dideteksi apabila kita melakukan service berkala,dengan demikian resiko yang meluas dapat diminimalisir.

    11.   Menghindari Kerusakan Pada Komponen yang Lebih Fatal

    Service AC mobil secara berkala dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih fatal. Service AC mobil secara berkala akan memberikan peringatan dini mengenai komponen yang sudah saatnya harus di ganti atau harus di bersihkan.

    Demikianlah alasan alasan penting dalam menservice AC mobil kita. Selalu jaga kebersihan interior mobil dan lakukan service berkala AC mobil anda di Rotary Bintaro,nikmati kemudahan dalam bertransaksi dan fasilitas service AC mobil panggilan untuk service berkala AC mobil kesayangan.

    Nah, itulah beberapa tips menarik yang perlu kita terapkan. OLXer sendiri ada alasan lain kenapa AC mobil kita tetap perlu di servis?

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait