OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  13 Gaya Pengendara Motor yang Mengesalkan, Mana Paling Menyebalkan?



13 Gaya Pengendara Motor yang Mengesalkan, Mana Paling Menyebalkan?

06 Oct 2021

Sejumlah pengendara sepeda motor melawan arus. (NTMC)

Sepeda motor jadi transportasi yang harganya tergolong sangat terjangkau. Apalagi, sepeda motor juga simple dan mudah dikendarai. Terlebih motor jenis matik tinggal gas dan rem saja.

Hanya saja tak semua pemilik sepeda motor sadar akan pentingnya menggunakan jalan raya yang sesuai dengan aturan lalu lintas. Sebaliknya, tak sedikit peotor justru egois dan menyebalkan.

Bahkan bagi mereka yang mengalami hal tidak enak akibat ulah pengendara motor langsung memberikan umpatan negatif hingga sumpah serapah.

Nah, berikut ini kami merangkum beberapa ulah pengendara sepeda motor yang membuat pengguna jalan lain geram, antara lain:

1. Sein kiri tapi belok kanan, maupun sebaliknya atau tidak menyalakan lampu sein

Ya, kelakuan pengendara sepeda motor yang menggunakan sinyal lampu sein kiri tapi belok kanan, atau sebaliknya memang kerap kita temui di jalanan. Apalagi, jika yang melakukan itu adalah emak-emak. Ehm.. bikin kesal.

Maka dari itu, ada baiknya OLXer menjaga jarak agar dapat memberikan jeda waktu untuk berpindah posisi jika melihat pengendara seperti  itu.

2. Melawan arus

Pengendara motor yang juga meyebalkan sekaligus membahayakan yaitu mereka yang melawan arus. Tentu saja ini tak boleh ditiru karena melanggar aturan lalu lintas.

Tak sedikit pengendara yang melakukan hal tersebut merasa paling buru-buru sampai di tempat tujuan, atau mereka merasa warga lokal (warlok). Emh, jadi kalau warlok boleh menjadi bodoh dan melawan arus ya! 

3. Jalan pelan di tengah jalan

Pengendara motor
ilustrasi pengendara sepeda motor. (Shutterstock)

Mengemudi secara perlahan namun di tengah jalan termasuk yang sering kita temui. Entah melamun atau emang sadar, sudah sewajarnya jika ingin memacu motor secara perlahan berada di jalur kiri, karena jalur kanan semakin kencang kecepatan yang dipacu dan pada dasarnya lajur kanan untuk mendahului.

4. Ngobrol santai di tengah jalan

Ulah pengendara sepeda motor yang tak boleh ditiru lainnya, yaitu pengendara saling berjejer dan asyik ngobrol di tengah jalan.

Jika menemui kejadian ini, sebenarnya halal hukumnya untuk membunyikan klakson, karena sebagai peringatan. Jika ingin ngobrol bisa dilakukan di kafe atau warung kopi. 

5. Lampu menyilaukan

Pengendara motor juga kerap menggunakan lampu yang menyilaukan. Biasanya mereka menggunakan jenis lampu HID. Ya, jenis lampu HID biasanya teramat sangat menyilaukan apalagi jika dilihat dari arah berlawanan. 

Perlu dicatat, pada dasarnya penggunaan lampu pada sepeda motor sudah ada aturannya dalam undang-undang. 

6. Melewati batas garis saat lampu

Saat berada di lampu lalu lintas  atau lampu merah, para pengendara motor biasanya tak sabaran. Tak jarang meski lampu masih menunjukkan warna merah, bunyi klakson dari arah belakang sudah saling bersahutan.

Selain itu, masih banyak pemotor kacau yang sering melewati garis di batas lampu lalu lintas saat berhenti, bahkan ada juga yang bersiap menunggu di tikungan untuk siap ngegas. 

Parahnya, ada juga premotor yang nyelonong seolah sudah tidak ada lampu merah atau persimpangan jalan. 

7. Masalah knalpot

Knalpot brong
Kepolisian Tulungagung merazia knallpot brong. (NTMC)

Masalah lain yang sering ditemui di jalanan adalah masalah knalpot. Ya, meski ada aturan soal kelayakan sepeda motor, termasuk knalpot, namun masih banyak yang menggunakan dengan suara keras dan berisik.

Parahnya lagi, ada juga knalpot yang langsung mengarah ke atas, sehingga jika kita berada di belakang motor pasti akan terasa semburannya hingga ke wajah.

8. Doyan klakson

Spesies pengendara sepeda motor menjengkelkan selanjutnya adalah mereka yang doyan membunyikan klakson. Ya, apalagi mereka melakukannya saat kondisi macet.

Entah apa yang dipikirkan pengendara yang satu ini, apakah mereka terburu-buru, atau memang jempolnya tak bisa lepas dari tombol klakson.

Parahnya, ada juga pemotor yang ingin terlihat keren dan gagah, karena menggunakan klakson mirip sirine polisi atau ambulance. Tentunya hal ini tetap sangat menjengkelkan dan berharap polisi cepat menciduknya.

9.Kebut-kebutan

Pengendara sepeda motor yang juga sangat menjengkelkan yaitu mereka yang sering kebut-kebutan.

Tentu saja, premotor yang kebut-kebutan sangat mengesalkan, karena sangat membahayakan baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Lebih menjengkelkannya lagi, jika premotor tersebut merupakan.

10. Mengemudi sambil main hp

Tidak sedikit pemotor kini jadi multitalent. Ya, terkadang kita menemukan pengendara motor yang asyik melihat layar smartphone ketimbang jalan di depannya.

Tentu saja ini sangat membahayakan karena banyak terjadi kecelakaan karena mereka tidak konsentrasi melihat jalur.

11. Asyik merokok

Pemotor yang meresahkan selanjutnya adalah mereka yang asyik merokok saat mengemudi. Parahnya lagi, selain asap dan abu, bara rokok kerap beterbangan dan mengarah pada pengendara motor di belakangnya.

12. Lampu mati

Pengendara motor lainnya yang juga mengesalkan yaitu mereka yang tidak menyalakan lampu depan atau belakang.

Bahkan terkadang pemotor yang mengetahui bahwa lampunya mati, namun tidak diganti atau diperbaiki. Padahal, jika mengemudi pada malam hari hal tersebut sangat membahayakan pengemudi lainnya termasuk dirinya sendiri.

13. Motor masuk jalur trotoar

parkir di trotoar

Pemotor bandel yang kerap mendapatkan sumpah serapah biasanya mereka yang masuk jalur trotoar, termasuk untuk parkir. Ya, pada dasarnya trotoar digunakan untuk pejalan kaki. Karena pejalan kaki juga punya hak untuk menggunakan trotoar sebagaimana mestinya.

Nah, OLXer sendiri pernah merasakan terzalimi atau memang pernah melakukan hal seperti di atas?

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga