Copied to clipboard!
Pabrik Volkswagen

Pabrik Volkswagen di Puebla, Meksiko mulai produksi (Foto : Volkswagen)



BERITA

16 Pabrik Volkswagen di Seluruh Dunia Kembali Produksi

Author : Zainal Abidin

29 Jun 2020


Volkswagen sebagai salah satu merek otomotif raksasa dunia baru-baru ini mengumumkan beroperasinya seluruh fasilitas produksi mereka di seluruh dunia, termasuk berlanjutnya aktivitas pabrik VW di Puebla, Meksiko. 

Dengan demikian, sebanyak 16 pabrik mobil penumpang Volkswagen sudah kembali normal usai efek pandemi COVID-19 yang menghantam sebagian negara di dunia. 

Sebelumnya Volkswagen memang menghentikan kegiatan produksi selama enam minggu di Jerman dan juga negara Eropa lainnya, serta sekitar 10 minggu untuk pabrik di Amerika Selatan akibat dari krisis coronavirus COVID-19. Pabrik Puebla di Meksiko tercatat berhenti produksi selama 11 minggu, lebih lama dibanding penutupan pabrik VW lainnya.

Andreas Tostmann, Board of Management Volkswagen yang bertanggung jawab untuk Produksi dan Logistik, menyebut VW sudah berhasil melewati krisis ini dan siap untuk kembali normal.

“Kami telah berhasil melanjutkan produksi dengan prioritas perlindungan kesehatan maksimum. Tidak ada bagian yang hilang dalam produksi. Terima kasih banyak kepada tim kami, dan juga kepada pemasok dan kontraktor logistik kami," ungkapnya dalam siaran pers VW global beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, untuk pabrik yang ada di Eropa saja, Volkswagen membeli sekitar 100.000 bagian berbeda dari pemasok.

Meski sudah kembali produksi, namun Volkswagen memutuskan untuk menurunkan kapasitas produksinya hingga 60-70 persen dibandingkan kapasitas produksi sebelum krisis berlangsung.

Selama pembukaan pabrik, perusahaan sangat memprioritaskan kesehatan tenaga kerja. Bersama dengan asosiasi pekerja, perusahaan saat ini mengembangkan rencana 100 poin yang mengatur perlindungan kesehatan maksimum, sebagai standar untuk industri. 

Volkswagen juga sudah menerbitkan rencana tersebut dan sudah diunduh lebih dari 120.000 kali oleh pemasok dan perusahaan lain di seluruh dunia. 

Hingga saat ini Volkswagen sudah hadir di lebih dari 150 pasar di seluruh dunia dan memproduksi kendaraan di lebih dari 50 lokasi di 14 negara. 

Tahun lalu (2019) Volkswagen menjual hingga 6,3 juta kendaraan, termasuk model terlaris mereka seperti Golf, Tiguan, Jetta atau Passat.