OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  2 Cara Daihatsu Supaya Dikenal Sebagai Merek Mobil Ramah Lingkungan



2 Cara Daihatsu Supaya Dikenal Sebagai Merek Mobil Ramah Lingkungan

19 Feb 2021

Ilustrasi sederet unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik di Jawa Barat.

Daihatsu Sigra dan Ayla, jadi line up andalan PT Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia.  Kedua mobil ini termasuk model mobil yang memang banyak digandrungi konsumen di Tanah Air. 

Baik Daihatsu Sigra maupun Ayla, sama-sama masuk golongan Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Hal ini karena keduanya juga masuk dalam syarat LCGC, yaitu mesin bensin hingga 1.200 cc wajib konsumsi bahan bakarnya minimal 20 km per liter atau emisi CO2 pada gas buang maksimal 120 gram per km.

Bicara soal mobil ramah lingkungan, ternyata bagi merek Daihatsu, semua produk yang dikembangkan harus tingkat emisinya serendah mungkin agar lebih ramah lingkungan. Selain itu, mobil-mobil yang dibuat Daihatsu haruslah produk terbaik dengan standar kualitas global berteknologi terkini, fun to drive, mudah dalam perawatan, harga terjangkau. 

Hal inipun disampaikan langsung Executive Coordinator Engineering Division R&D (Research & Development) PT ADM Soni Satriya. Menurut dia, Daihatsu berkomitmen untuk memberikan produk dengan standar kualitas global yang terbaik untuk pelanggan, dan lingkungan. 

“Kami berharap, pelanggan juga dapat menerapkan tips berkendara yang ramah lingkungan ala Daihatsu agar pelanggan dapat berkendara secara aman, nyaman, dan juga membawa dampak positif untuk lingkungan kita agar lebih sehat,” ungkap Soni, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut, keseriusan Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan diimplementasikan melalui ternyata ada dua cara antara lain:

Pertama, dengan menyediakan fasilitas uji emisi yang terdapat di PT ADM, yang telah bersertifikasi internasional, dan menjadi satu-satunya fasilitas uji emisi yang terlengkap dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO 6, sehingga Daihatsu menjamin semua modelnya telah lulus tes uji emisi dan ramah lingkungan. 

Hal ini dibuktikan melalui produk ADM yang telah diekspor sampai ke 75 negara di dunia mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin dimana tiap negara memiliki regulasi standar emisi yang berbeda.

Kedua, menerapkan Green Technology secara global pada produk Daihatsu, seperti Super Intelligent Catalyst yang mampu melakukan self regeneration, sehingga bebas perawatan, penerapan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). 

Ya, dengan teknologi DNGA, maka kendaraan Daihatsu memiliki bobot yang lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar, serta penggunaan material yang tepat agar lebih ramah lingkungan sesuai dengan regulasi negara tujuan.

Nah, inilah yang membuat Daihatsu jadi salah satu brand terlaris di Indonesia dan jumlah peminatnya cukup tinggi. 

Seperti diketahui, PT ADM sendiri selain Daihatsu Sigra dan Ayla, mereka memproduksi beberapa mobil lainnya di dalam negeri, seperti Xenia, Terios, Gran Max, hingga Luxio. Selain untuk merek Daihatsu, perusahaan jenama asal Jepang ini juga membuat beberapa mobil dengan merek Toyota seperti Avanza, Agya, Rush hingga Hiace.  

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga