OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  2 Hal Sepele Penyebab Aki Soak di Motor Baru



2 Hal Sepele Penyebab Aki Soak di Motor Baru

07 Apr 2021

Ilustrasi aki pada sepeda motor. (shutterstock)

Mendapatkan sepeda motor baru ada di garasi rumah tentu saja membuat perasaan sang pemiliknya menjadi senang. Meski baru, sepeda motor juga bisa mengalami masalah klasik, salah satunya aki soak.

Nah, jika mengalami kasus tersebut tak jarang kita akan menyalahkan aki tidak berkualitas. Namun seperti dilansir Wahana Honda, sebenarnya, aki soak pada motor baru penyebabnya adalah kebiasaan kurang baik dari pemilik motor yang sering terjadi .

Untuk motor yang sudah berusia senja, memang lemahnya komponen sangat berpotensi membuat aki cepat soak. Namun untuk motor baru, ada dua hal sepele yang bakal membuat aki gampang soak, tapi mungkin nggak disadari si pemiliknya.

Ehm, kira-kira apa ya?

Penyebab Aki Motor Baru Cepat Soak

Masih menurut Wahana Honda, aki motor baru cepat soak biasanya di akibat sebagai berikut:

1. Motor jarang dipakai

Jika OLXer berpikir motor jarang dipakai akan lebih awet memang sah-sah saja. Akan tetapi hal ini juga perlu diantisipasi karena bisa jadi dalang aki soak.

Ya, aki motor baru itu bisa cepat soak kalau motor jarang dipakai. Soalnya kalau mesin tidak menyala, aki juga tidak mengalami pengisian.

Kalau sudah begini, sebagai solusinya adalah mengganti aki motor atau melakukan recharge. Namun untuk pencegahan, panaskan motor setidaknya tiga hari sekali. Dengan begitu, aki bisa senantiasa terisi.

2. Salah pasang

Pemicu aki motor baru cepat soak bisa juga karena kesalahan pemasangan ketika memutuskan untuk melakukan modifikasi kelistrikan. Salah pasang ini membuat daya aki cepat soak karena terkuras. Akhirnya lagi-lagi, Anda harus menggantinya dengan aki yang baru.

Tips Mencegah Aki Cepat Soak

Agar aki tidak cepat soak apalagi rusak, berikut ini tips yang bisa OLXer lakukan:

1. Cermati beban pemakaian listrik pada motor. Jangan melakukan modifikasi dengan lebay alias berlebihan. Selain itu, matikan lampu saat mesin akan dimatikan maupun dinyalakan.

2. Bersihkan aki dengan rutin. OLXer harus membersihkan terminal aki. Soalnya, terminal aki ini sering tertutup debu maupun kotoran lainnya. Jika kotor, proses distribusi aki ke komponen motor pun akhirnya jadi terhambat.

3.   Catat tanggal penggantian aki. Waktu OLXer mengganti aki lama dengan aki yang baru, jangan lupa untuk membuat catatan tanggal penggantian. Jadi sebelum aki soak, OLXer sudah bisa menggantinya, dengan merujuk pada tanggal tersebut.

Gimana mudahkan? Kalau begitu coba sekarang cek kondisi aki motor OLXer, kira-kira ada masalah nggak ya!

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga