Copied to clipboard!

Ilustrasi embun menempel di kaca jendela saat hujan (shutterstock_446860975)



TIPS

3 Cara Jitu Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

Author : Herdi Muhardi

26 Feb 2020


Mengemudi ketika hujan turun memang lebih beresiko. Pasalnya, OLXer harus lebih konsentrasi mengemudi, karena kondisi jalan sangat berbeda jika dibandingkan ketika tidak hujan.

Belum lagi, masalah yang sering kali terjadi ketika mengemudi lalu turun hujan yaitu muncul embun pada kaca mobil, sehingga visibilitas atau jarak pandang jadi terganggu. Embun ini muncul karena adanya perbedaan kelembaban dan suhu, dimana di luar mobil lebih dingin daripada di dalam kabin.

Adapun resiko terburuk jika embun menempel yaitu visibilitas terganggu sehingga pengemudi sulit melihat jalur atau kendaraan lain, dan itu bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Meski begitu, OLXer sebenarnya bisa menghilangkan embun yang menempel pada kaca. Caranya juga sangat mudah, seperti dilansir wincos-ina yaitu:

1.  Nyalakan AC

Air Conditioning memang berguna untuk menyejukan ruangan. Lantas jika menyalakan AC, bukankan hal itu menjadi kabin dingin?

Ya benar, kabin mobil akan menjadi dingin. Namun ketika muncul embun, artinya kabin mobil menjadi lembab. Maka dari itu untuk mengurangi kelembapan cara yang harus dilakukan ada mengaktifkan AC.

2.   Aktifkan Defogger

defogger kaca jendela shutterstock_1102524050
Defogger kaca jendela (shutterstock)

Tak hanya bagian depan dan samping, emun juga bisa muncul di bagian belakang. Sehingga mengurangi pandangan ke belakang. Namun terkadang, meski AC sudah dinyalakan, embun masih menempel pada kaca belakang.

Cara jitu untuk menghilangkan embun di kaca belakang cukup mengaktifkan fitur defogger. Defogger ini memang kerap dianggap sepele, namun fungsi fitur yang menempel di kaca belakang berupa garis-garis tipis berwarna oranye ini merupakan kawat tipis dari bahan tembaga yang dialiri listrik sehingga berfungsi sebagai kondensator panas.

Adanya hawa panas yang menempel dikaca inilah membuat embun jadi hilang. Jika defogger tidak berfungsi, biasanya karena pemasangan kaca film atau karena tidak lagi menempel dengan baik.

3.  Buka Kaca Jendela Samping

Kaca jendela di buka
Ilustrasi kaca jendela di buka. (shutterstock)

Jika dua cara di atas memanfaatkan fitur pada mobil, cara menghilangkan embun bisa juga dengan sedikit membuka kaca jendela.

Perlu dicatat, kaca jendela yang dibuka tak perlu lebar. Sebab, jika dibuka lebar, hal itu justru membuat air hujan masuk ke dalam kabin mobil.

Dengan kaca jendela dibuka sedikit, hal itu secara otomatis akan mengurangi kelembaban dan secara perlahan menghilangkan embun.