Copied to clipboard!

Ilustrasi AC bermasala. (Shutterstock)



TIPS

3 Masalah AC dan Ini Cara Mengatasinya

Author : Herdi Muhardi

14 Aug 2020


Air Conditioner (AC)­ atau penyejuk udara pada mobil yang berkerja dengan baik, tentu saja dapat memberikan si pengemudi dan si penumpang di dalam mobil menjadi lebih nyaman. Bahkan tiupan angin yang dihembuskan AC juga dapat menghilangkan kabut yang menempel ketika hujan turun.

Namun begitu, AC mobil bisa saja mengalami masalah. Bahkan, jika AC mobil bermasalah maka akan sangat mengganggu dan suasana ruang kabin jadi tidak nyaman karena hawanya panas.

Nah, OLXer juga harus tau nih, menurut bengkel Rotary Bintaro, setidaknya ada tiga akar masalah yang sering kali terjadi pada AC. Kendati begitu, masalah-masalah yang terjadi pada dasarnya masih bisa diperbaiki, berikut ulasannya.

1. AC Mobil Kurang Dingin / Panas

AC mobil yang baik tentu saja memberikan rasa dingin di dalam kabin. Sebaliknya, jika panas berarti AC sedang bermasalah. Panasnya memang tidak sepanas yang biasa kita dapat dari api atau panas matahari, akan tetapi AC mobil cenderung panas itu sangat mengganggu.

Penyebab AC mobil memang berbeda-beda, mulai dari karena skring, magnetic clutch, receiver dryer, atau kompresor evaporator.

Tahapan cara memperbaikinya yaitu pertama periksa pada bagian skring. Kemudian periksa tekanan refrigerant atau freon mobil. Lalu periksa ada kebocoran atau tidak. Dilanjut periksa kompresor AC mobil. Pastikan, penggantian oli kompresor sudah dilakukan setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.

Langkah selanjutnya, bersihkan evaporator dari kotoran yang mungkin menempel pada evaporator. Kondisi magnetic clutch juga akan diperiksa. Karena pada umumnya kerusakan AC mobil bisa disebabkan kondisi magnetic clutch berkarat atau terbakar. Langkah terakhir adalah memastikan keadaan filter dryer tidak tersumbat. Kalau tersumbat maka  filter dryer diganti baru.

2. AC Mobil Bau

Masalah AC mobil bau pada dasarnya bukan karena ada kerusakan. Sebab, alasan utamanya karena pada kolong atau evaporator AC mobil ada bakteri dan kotoran yang menempel.

Untuk cara menyiasatinya yaitu pertama pastikan jaga kebersihan kabin mobil. Selalu plastikan makanan atau benda apapun yang masuk mobil tidak menjadi sampah. Selain itu, bisa juga memasang filter kabin agar mencegah kotoran tersedot blower lalu menempel di evaporator.

3. AC Mobil Bunyi Berisik

Meski AC mobil sudah dingin dan tidak bau. Suasana yang adem dan nyaman pasti akan kurang lengkap jika AC mobil berisik. Penyebab bunyi berisik biasanya kareena baut pengikat kompresor pada braket kendur atau rusak. Penyebab lain karena ada komponen yang aus.

Nah, jika hal semua ini sering terjadi, maka cara yang perlu dilakukan adalah OLXer harus rajin melakukan pemeriksaaan atau service AC mobil secara rutin, setidaknya 10.000-20.000 kilometer.