Copied to clipboard!

Ilustrasi perbaikan mobil.



TIPS

4 Alasan Agar Jangan Pilih Bengkel Asal-Asalan

Author : Herdi Muhardi

03 Jul 2020


Melakukan perawatan pada mobil menjadi satu hal yang wajib dilakukan si empunya. Dengan merawat mobil, tentu saja hal tersebut dapat mengurangi kekhawatiran kita saat dikendarai.

Selain melakukan perawatan secara rutin, OLXer juga harus merawat dan melakukan pengecekan mobil secara berkala bengkel. Hal ini guna memastikan mobil yang kita gunakan baik-baik saja tanpa ada masalah. 

Hanya saja, ada yang perlu OLXer ketahui soal memilih bengkel mobil. Ya, tentu sama seperti klinik kecantikan, jangan memilih bengkel asal-asalan, karena bukan tak mungkin kita mobil kita menjadi lebih baik, justru sebaliknya menjadi tambah masalah. 

Pasalnya, populasi mobil yang kian bertambah setiap tahun, ternyata ada juga oknum bengkel yang kerap tidak bertanggung jawab. Atas dasar itu pula, kali ini situs Bengkel Rotary memberikan beberapa cara memilih bengkel mobil yang tepat, antara lain:

1. Ada Jaminan Garansi

Plih bengkel mobil yang memiliki jaminan garansi. Sebab dengan adanya jaminan garansi, maka jika nantinya kendaraan yang sudah direparasi atau dirawat mengalami kendala dengan rentan waktu tertentu (tergantung kebijakan bengkel), maka bisa diperbaiki kembali. 

Jangan sampai, jika mobil kembali bermasalah justry pihak bengkel yang menyalahkannya. Sebab, bengkel yang baik pasti akan bertanggung jawab, dan pada dasarnya bengkel akan memperbaiki hal itu. 

Oleh karenanya, pilih bengkel yang sudah memiliki nama besar dan ternama serta diketahui mempunyai kredibilitas tinggi. 

2. Hasil Berkualitas 

Bengkel mobil yang bagus biasanya memiliki kualitas baik usai diperbaiki, termasuk dari segi perlengkapan, hingga mekanik yang tersertifikasi. 

Sebab tidak sedikit laporan yang beredar, ada saja masalah setelah menggunakan jasa di suatu bengkel. Selain itu bukan hasil yang memuaskan melainkan masalah tetap muncul dan bertambah.

Biasanya, bengkel yang baik memiliki penanganan tidak asal-asalan karena teknisi atau montir berpengalaman. Sebaliknya bengkel tidak berpengalaman biasanya, mempekerjakan montir anak baru dan tidak punya pengalaman untuk kasus tertentu. Jika ada montir anak baru, sebaiknya dilakukan pendampingan.

3. Ongkos atau Biaya Masuk Akal dan Tidak Membengkak

Bengkel yang baik biasanya tidak hanya sekedar soal biaya. Pasalnya, oknum bengkel bermasalah bisanya mempermainkan harga dengan cara membuat komponen-komponen di dalam mobil justru jadi bermasalah atau rusak.

Bengkel yang baik biasanya memberikan ganti rugi berupa perawatan kembali secara gratis atau mengembalikan uang perbaikan. Akan tetapi bengkel bermasalah bisa saja tidak dapat memberikan kompensasi.

4. Menggunakan Komponen Asli

Bengkel yang baik biasanya menggunakan komponen atau spare part asli. Sebaliknya, oknum bengkel nakal terkadang banyak melakukan penggantian onderdil asli pada mobil kita dan digantikan dengan spare part kelas 2 atau kw atau imitasi. 

Untuk mencari bengkel yang tepat, sebaiknya cari informasi dan berita di online atau rekan, sahabat atau tetangga soal bengkel yang berkualitas.