OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  4 Alasan Kenapa Touring Lebih Cocok Pakai Motor Sport



4 Alasan Kenapa Touring Lebih Cocok Pakai Motor Sport

08 Jun 2021

Ilustrasi sepeda motor sport. (Shutterstock)

Sepeda motor jenis matik atau tanpa gigi memang lebih disukai masyarakat di Indonesia. Tak sedikit yang merasa, bahwa motor matik sangat praktis dan mudah dikendarai. Apalagi, saat kondisi macet dan lalu lintas padat.

Namun OLXer juga harus tahu, jika melakukan perjalanan jarak jauh atau touring, motor jenis sport banyak dipilih para bikers untuk menemani setiap perjalanan.

Ya, touring dapat dikatakan sebagai liburannya para biker. Oleh karena itu, diperlukan totalitas untuk mendapatkan kesenangan saat berkendara.

Ehm, OLXer mau tahu kenapa motor sport banyak digunakan untuk touring? Setidaknya, seperti dijelaskan Wahana Honda, setidaknya ada empat alasan yang perlu diketahui, apalagi jika memang berniat melakukan touring dengan motor baru. Nah, berikut ulasannya:

1. Mesin bertenaga

Mesin menjadi faktor utama dipilihnya motor sport sebagai kendaraan touring. Motor sport pada umumnya memiliki mesin berkapasitas lebih dari 150cc sehingga mampu digunakan untuk menempuh jarak yang jauh.

Selain ketahanan jarak, motor sport juga dapat diandalkan di jalanan yang terjal atau jalan menanjak. Untuk tipe motor sport yang terbaru sudah dilengkapi dengan water cooler sehingga tidak perlu cemas motor akan overheat saat digunakan untuk menempuh jarak jauh.

2. Mampu bermanuver dengan kecepatan tinggi

Kecepatan berkendara mampu mempersingkat jarak tempuh, terlebih jika jalanan sedang lengang. Di sinilah biasanya para biker memacu kendaraanya dengan lebih cepat. 

Jika kondisi demikian, tentu saja motor sport sudah tidak diragukan lagi kecepatannya. Selain kecepatan, ternyata motor sport juga masih lincah dalam bermanuver melintasi jalanan yang berkelok.

Meski memacu sepeda motor pada kecepatan tinggi menjadi hal yang menyenangkan bagi para biker, tapi perlu diingat bahwa keselamatan berkendara menjadi hal yang wajib diutamakan.

3. Body kokoh dan kuat

Motor sport selalu hadir dengan dimensi motor yang besar karena dibekali dengan mesin besar juga sehingga membutuhkan kerangka kokoh dan kuat.

Jika menggunakan motor sport untuk kendaraan touring, tentunya kerangka motor akan memberikan keuntungan bagi para riders. Kerangka yang kokoh dan kuat memberikan keseimbangan kepada biker yang membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Jika kendaraan diberikan tambahan box untuk muatan, motor sport dengan body yang kokoh dan kuat masih mampu memberikan keseimbangan berkendara.

4. Kaki-kaki yang kuat

Menyinggung masalah kaki-kaki sepeda motor, perlu kita tahu bahwa tidak semua rute touring memiliki jalanan yang bagus. Kadang kala kita harus melintasi jalanan yang rusak dan berlubang.

Nah, jika motor yang kamu gunakan tidak memiliki kaki-kai yang kuat, hal ini sangat beresiko menimbulkan kecelakaan. Kaki-kaki pada sepeda motor meliputi shock, velg, ban, dan pengereman.

Komponen kaki-kaki memang menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan kenyamanan berkendara. Suspensi sepeda motor akan bekerja dengan baik jika didukung dengan ban dan pengereman yang optimal.

Untuk urusan kenyamanan berkendara, motor sport memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan jenis motor lain.

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga