Copied to clipboard!

Ilustrasi modifikasi mobil. (Istimewa)



MODIFIKASI

4 Bagian Mobil yang Wajib Jika Ingin Dimodifikasi

Author : Herdi Muhardi

14 May 2020


Melakukan modifikasi pada mobil kesayangan memang menjadi hal biasa. Hanya saja, OLXer yang ingin memodifikasi harus memperhatikan atau mengetahui kekurang dan kelebihannya.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan lainnya ketika ingin melakukan modifikasi adalah budget. Ya, untuk memodifikasi tentu saja membutuhkan modal yang tak sedikit.

Dengan budget yang tepat, tentunya komponen yang dibeli juga akan lebih sesuai dengan selera.

Namun sebelum OLXer memodifikasi, situs Hyundai Indonesia memberikan beberapa ‘aturan’ nggak baku yang harus dipahami ketika ingin memodifikasi mobil.

Lalu apa saja aturan tersebut, berikut uraiannya:

Pelek

Mengganti pelek standar menjadi ‘kewajiban’ bagi para pecinta modifikasi. Selain paling gampang, penggantian pelek cukup mendongkrak tampilan kaki-kaki mobil.

Biasanya pelek standar digusur diganti dengan desain racing dan lebih sporty. Pilihan pelek pengganti perlu disesuaikan dengan warna dan tipe mobil supaya gak terlihat norak. Kalau ingin mengganti dengan ukuran yang lebih besar, penambahan ukuran tidak lebih dari 2 inci. Supaya tetap nyaman buat harian.

Bumper depan dan belakang

Kesan sporty makin lekat dengan penggantian bumper bagian depan dan belakang. Inspirasi biasanya dari tampilan mobil balap, tapi jangan lupa pahami kondisi jalanan yang dilalui sehari-hari.

Jika jalan kurang mulus, atau berlubang, pikirkan lagi untuk mengganti bumper yang ceper, agar mobil gak nyangkut di lubang karena bemper yang terlalu rendah.

Kap mesin

Modifikasi tampilan kap mesin pada mobil kecil banyak dilakukan para penggemarnya. Ubahan tampilan pada kap mesin ini bisa diakali dengan penggunaan cutting sticker, tak perlu mengganti cat pada kap mesin.

Selain biaya lebih murah, kalau bosan tinggal ganti dengan cutting sticker lain. Kalau mau ditukar pun, gak akan pengaruhi harga.

Interior dan audio

Ubahan bagian ini biasanya hanya mengganti kulit jok. Penggantian kulit jok yang simpel dan mudah dibersihkan paling aman buat mobil kecil harian.

Beda dengan mobil kontes yang ubahan joknya sampai gila-gilaan. Karena memang buat kontes aja. Termasuk audio. Mobil kontes pasti pasti jauh lebih heboh. Bahkan ‘memakan’ bagian jok dan bagasi kecilnya. Sedangkan untuk harian audio cukup disesuaikan dengan ruang.

Misalnya penggantian head unit atau penambahan speaker yang tetap mengacu pada fungsi mobil.