Copied to clipboard!
Alarm Mobil Error

Alarm mobil jadi komponen penting dalam mencegah mobil kemalingan atau kebobolan (Foto: Google)



TIPS

4 Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error

Author : Zainal Abidin

09 Mar 2020


Alarm mobil jadi komponen penting dalam mencegah mobil kemalingan atau kebobolan. Tak cuma itu, alarm mobil juga bisa meningkatkan nilai jual mobil jika kamu ingin menjualnya.

Namun, sama seperti komponen mobil lainnya, baik itu yang elektronik atau tidak, kinerja alarm mobil bisa menurun bahkan rusak. Jika hal ini terjadi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki alarm mobil yang error.

Penyebab Alarm Mobil Error

Sebelum membahas cara memperbaiki alarm yang error, sebaiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu penyebab kenapa alarm mobil bisa error. Sama seperti komponen elektronik mobil lainnya, alarm mobil juga bisa bermasalah dan tidak bekerja dengan baik. Bahkan tak jarang alarm bisa berbunyi sendiri tanpa adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan alarm mobil error? Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari sensor pintu tidak berfungsi hingga baterai central lock habis. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:

1. Sensor pintu tidak berfungsi

Salah satu penyebab alarm mobil error adalah sensor pintu tidak berfungsi. Biasanya, kerusakan pada sensor pintu mobil akan menyebabkan sensitivitas mobil menjadi semakin tinggi. Tak cuma itu, saklar lampu yang ada pada pintu juga tidak bisa berfungsi sehingga membuat alarm berbunyi tanpa sebab.

2. Pintu mobil tidak tertutup

Bisa dibilang, hal ini merupakan salah satu penyebab yang cukup sering terjadi. Bukan karena kerusakan komponen, alarm mobil menyala terus juga disebabkan karena kelalaian kita sebagai pemilik mobil.

Terkadang, kita tidak sadar bahwa ada salah satu pintu mobil yang tidak tertutup sempurna sehingga membuat alarm mobil terus berbunyi. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan terlebih dahulu bahwa semua pintu sudah tertutup dengan sempurna sebelum kamu menguncinya.

3. Baterai central lock habis

Saat baterai central lock habis, alarm mobil akan terus menerus berbunyi. Nah, kondisi ini membuat kamu harus membuka pintu secara manual. Agar hal ini tidak terjadi, kamu harus melakukan pemeriksaan pada kondisi baterai.

Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error

Setelah mengetahui penyebab alarm mobil yang error, sekarang mari kita bahas tentang bagaimana cara memperbaiki alarm mobil yang error. Berikut ulasannya.

1. Baca manual book

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki alarm mobil yang error adalah membaca manual book yang sudah disediakan oleh APM. Memang, membaca manual book tidak akan langsung ‘menyembuhkan penyakitnya’, tapi lewat hal tersebut bisa saja kamu menemukan ‘obatnya’.

Di dalam manual book akan terdapat banyak masalah dan solusi untuk menghadapinya. Nah, cara memperbaiki alarm mobil yang error juga terdapat pada buku panduan tersebut.

2. Periksa baterai alarm

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alarm mobil yang error bisa disebabkan oleh baterai yang habis. Nah, setelah diperiksa dan ternyata kamu menemukan bahwa baterai alarmnya sudah habis, kamu bisa menggantinya untuk memperbaiki alarm mobil yang error.

3. Apakah koneksi remote dan mobil terhambat?

Perlu kamu ketahui bahwa alarm mobil bekerja dengan menggunakan sinyal. Nah, jika alarm mobil kamu error saat kamu sedang berada di sebuah bangunan, bisa jadi sinyal yang dikirimkan remote alarm terhalang sesuatu seperti beton.

Untuk memastikan bahwa alarm mobil kamu terhalang atau tidak, kamu bisa menggunakan alarm dari berbagai sudut. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa mengetahui masalah sebenarnya, apakah terjadi karena terhalang beton atau memang ada komponen yang rusak, baik itu pada remote atau alarm mobil kamu.

4. Hubungi teknisi

Jika beberapa cara memperbaiki alarm mobil yang error tersebut sudah kamu lakukan, tapi belum ada hasil, langkah terakhir adalah kamu wajib menghubungi teknisi.

Kamu bisa menghubungi si penjual alarm. Cari tahu penyebab dan cara memperbaikinya, serta tanyakan apakah perbaikannya bisa dilakukan sendiri di rumah atau tidak.

Jika masih tidak bisa, kamu tentu harus membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh oleh orang yang ahli. Kamu bisa membawa mobil ke bengkel mobil resmi di dekat rumah kamu atau bengkel alarm terpercaya.

Nah, itu dia empat cara memperbaiki alarm mobil error yang perlu kamu tahu. Alarm memang jadi salah satu komponen yang penting untuk mengamankan mobil dari tindak kejahatan.

Maka dari itu, rawat dan periksa alarm mobil kamu agar bisa bekerja dengan maksimal. Jangan lupa kunjungi OLX.co.id untuk mengetahui info dan tren soal jual-beli mobil saat ini. (OLX)