Copied to clipboard!

Ilustrasi mengecek aki mobil. (Standret/shutterstock)



TIPS

4 Cara Merawat Aki Mobil Saat di Rumah Aja

Author : Herdi Muhardi

30 Mar 2020


Salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona yaitu dengan melakukan social distancing atau physical distancing yaitu saling menjaga jarak satu dengan lainnya. Karena kita tidak tau siapa yang sudah terkena virus covid-19.

Nah, mumpung di rumah aja, OLXer bisa juga loh mengisi di sela-sela kegiatan dengan melakukan berbagai pengecekan mobil yang tentunya bisa dilakukan sendiri saat di rumah aja. Salah satunya pada bagian aki.

Ya, aki merupakan bagian kelistrikan yang perannya cukup vital pada sebuah kendaraan. Tak hanya menyalakan lampu-lampu, aki juga digunakan untuk menyalakan mesin mobil, dan tentunya sistem hiburan di dalam kabin.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan perawatan aki mobil ketika di rumah aja:

1.  Terminal atau klep penghubung kutub positif serta negatif pada aki sangat penting untuk dilakukan pengecekan. Sebab beberapa masalah sering timbul pada bagian ini, misalnya munculnya jamur, karat, hingga posisinya menjadi longgar.

Jika bagian ini bermasalah, maka dapat berpengaruh pada usia dari aki yang dimiliki.

Adapun jika muncul jamur dan karat, cara merawatnya sangat mudah, yaitu cukup membersihkannya dengan air panas bagian terminal aki sambil digosok perlahan menggunakan sikat gigi. 

Sedangkan jika setiap terminal mulai kendor, maka lakukan pengencangan dengan seksama.

2.  Agar aki tetap sehat, sebaiknya ketika mesin mobil sedang dalam kondisi mati, maka perangkat elektronik atau aksesoris tambahan yang menempel di mobil  harus dilepas.

Seperti contoh, charger smartphone wajib dilepas karena hal tersebut akan tetap menyedot daya aki. Selain itu,  pastikan tak ada lampu-lampu yang menyala, termasuk lampu kabin. Sebab, jika lampu tetap menyala selama mobil disimpan walau semalam aki akan tekor.

Lain halnya dengan bagian alarm, meski tetap mengkonsumsi daya, namun tetap batas aman. Selain itu, tetap saja fungsi alarm demi tetap menjaga keamanan.

3.  Jika mobil tidak digunakan dalam kurun waktu cukup lama, sebaiknya tetap mesin tetap dipanaskan minimal 15 menit, setiap 2-3 hari sekali.

Kenapa begitu? Banyak yang berfikir, ketika jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, maka daya pada aki akan tetap tersimpan penuh.

Itu salah besar, sebab daya aki tidak tersimpan aman, tetapi akan berkurang karena ada peranti elektronik lainnya yang tetap mengkonsumsi daya pada aki. Alhasil, jika tak digunakan sangat lama, daya pada aki akan terkuras habis.

4.  Nah, kalau OLXer masih malas untuk memanaskan mobil, bisa juga menggunakan alat khusus untuk menstabilkan fungsi aki seperti sistem charger.

Biasanya, alat ini berfungsi untuk mengembalikan arus listrik aki pada performanya terbaiknya, meskipun ditinggal semalaman. Dengan alat ini, voltase dan ampere yang dibutuhkan aki tetap terus bisa dijaga sehingga tidak akan mengalami over charge atau undercharge.

Selain itu dengan alat ini beberapa masalah aki seperti sulfatisasi (terbentuknya kristal timbal sulfat pada elemen), stratifikasi (pengelompokan asam yang tidak merata), dan desikasi (penguapan akibat charge terlalu lama dan aki kepanasan) bisa hilang.

Mau tau juga bagaimana pengecekannya, lihat videonya di bawah ini: