Copied to clipboard!

Ilustrasi merawat mesin. (Shutterstock)



TIPS

4 Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil di Rumah

Author : Herdi Muhardi

09 Jul 2020


Tidak semua cara merawat mobil harus dilakukan di bengkel atau salon mobil. Sebab, ada juga beberapa bagian mobil yang bisa dilakukan di rumah. Ya, salah satu perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah yaitu melakukan membersihkan pada ruang mesin.

Seperti OLXer tahu, ketika memiliki sebuah mobil, melakukan perawatan dengan cara mencuci hanya pada bagian eksterior dan interior. Padahal, di balik kap mesin atau ruang mesin juga harus ikut dibersihkan. 

Bagaimana tidak, ketika OLXer membuka kap mesin, maka jika kondisinya bersih dan kinclong tentu saja akan sedap dipandang, dan akan terlihat sangat terawat. 

Tenang, OLXer tak perlu khawatir apakah mesin yang ada di bagian depan akan rusak karena terkena air. Pasalnya, sejumlah pabrikan otomotif dalam 20 puluh tahun terakhir sudah membuat mesin mobil sangat modern.

Bahkan bagian-bagian mesin mobil saat ini lebih tahan dan awet meskipun terkena air, kotoran, dan lainnya. Seperti halnya alternator, yang dianggap sensitif bahkan bisa jadi sumber ledakan dan terbakar. Kini, komponen tersebut tak lagi masalah, walaupun terendam banjir.

Jika OLXer ingin ingin membersihkan mesin mobil, begini prosesnya yang harus dilakukan :

1. Siapkan peralatan

Sebelum membersihkan ruang mesin sebaiknya persiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti sarung tangan, sikat, lap bersih atau microfiber, Spons, ember, sabun.

Jangan lupa gunakan juga cairan pembersih logam, karena bukan tak mungkin ada noda yang membandel

Sebelum memulai membersihkan mesin mobil gunakan sarung tangan. Sebab, bukan tak mungkin kotoran yang menempel pada mesin memiliki zat-zat yang merusak kulit atau membuat Anda alergi.

2. Cek aliran kelistrikan 

Sebelum melakukan pengecekan sebaiknya gunakan sarung tangan, untuk menghindari kotoran yang berasal dari zat-zat berbahaya tidak kasat mata.

Setelah itu, pastikan aliran listrik pada mobil dalam kondisi mati. Untuk mengeceknya bisa dilakukan pada sumber listrik yaitu aki mobil. Cabut kubu aki agar tak ada aliran listrik, dan tutup menggunakan plastik termasuk bus dan sekring.

3. Semprotkan cairan pembersih

Langkah selanjutnya lakukan pembersihan dengan cairan khusus. Namun agar lebih mudah kotoran dibersihkan sebaiknya hidupkan mesin beberapa menit untuk mempermudah membersihkan kotoran yang menempel. 

Pasalnya apabila mesin dingin maka kotoran sulit dibersihkan. Sebaliknya, bila mesin terlalu panas maka cairan penyemprot akan mudah menguap dan hilang. Alhasil tak bisa langsung dibersihkan.

Setelah itu, semprot bagian mesin dengan air dan gosok menggunakan sikat gigi hingga sela-sela yang sulit dibersihkan agar kotoran yang menempel bisa jatuh. OLXer tak perlu menggunakan alat steam untuk membersihkannya karena bisa merusak komponen.

Untuk mempercepat proses membersihkan, gunakan cairan pembersih dan gosok dengan sikat untuk memberikan hasil maksimal. 

4. Bilas sampai bersih dan kering

Terakhir, gunakan lap microfiber untuk membersihkan jeroan mesin sampai kering agar tidak menjadi karat atau debu mudah menempel. Hal ini juga perlu dilakukan untuk  mencegah