Copied to clipboard!



TIPS PROPERTI

4 Hal Perlu Dilakukan Saat Jual Beli Rumah Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Author : Herdi Muhardi

23 Jan 2020


Rumah memang bisa jadi barang investasi yang sangat menguntungkan. Tak sedikit orang membeli rumah untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan pundi-pundi penghasilan berkali-kali lipat yang jumlahnya sangat besar.

Namun begitu, OLXer juga harus tau masih ada saja ketika proses jual beli rumah ternyata hasilnya di luar harapan, yaitu antara rugi karena di luar ekspektasi atau untungnya sangat tipis tidak seperti yang dipikirkan.

Nah karena itu, ada baiknya OLXer mengetahui beberapa hal ketika hendak melakukan proses jual atau beli rumah. Berikut ulasannya:

1. Mengetahui usia bangunan rumah

Usia bangunan yang kurang dari sepuluh tahun umumnya tidak memerlukan banyak renovasi. Namun, apabila suatu bangunan memasuki usia sepuluh hingga dua puluh tahun, kekuatan dan kekokohan nya perlu lebih diperhatikan.

Sedangkan jika sudah lebih dari dua puluh tahun, sebuah rumah perlu direnovasi untuk mengganti beberapa bagian seperti fasad rumah, desain pintu dan jendela, pagar, pergola, taman atau membangun ruang-ruang baru secara vertikal maupun horizontal.

2. Mencermati lingkungan di sekitar rumah

Lingkungan sekitar rumah sangat penting diperhatikan agar pemilik merasa nyaman dan aman ketika tinggal di rumah tersebut. Akses jalan juga menjadi pertimbangan yang penting terutama bagi pemilik rumah yang memiliki mobil.

3. Kelengkapan legalitas

Ketika membeli rumah, cermati pula Sertifikat Hak Milik (SHM), surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan dokumen lainnya.

Pastikan surat dan sertifikat rumah yang akan dibeli lengkap dan jelas karena menyangkut hukum kepemilikan. Hal ini dapat menghindari munculnya perselisihan di kemudian hari.

4. Mengecek harga pasaran rumah

Cek harga pasaran rumah di suatu daerah sebagai pertimbangan sebelum membeli rumah bekas maupun baru. Hal ini akan sangat berguna saat melakukan negosiasi harga dengan penjual.

Ada baiknya kamu mencari tahu harga pasaran rumah yang diinginkan di OLX sebagai pertimbangan referensi harga karena di Semarang memiliki varian harga rumah yang berbeda di setiap daerahnya. (Her)