OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  4 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Motor Touring



4 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Motor Touring

14 Sep 2021

Sepeda motor Honda NC750X dengan mesin two-cylinder berkapasitas 750cc sangat cocok untuk melakukan perjalanan jauh. (shutterstock)

Sepeda motor bukan lagi alat transportasi yang hanya digunakan untuk mobilitas dengan jarak sangat dekat. Praktis, begitulah orang menyebut sebuah sepeda motor yang dapat digunakan sebagai kendaraan harian.

Namun begitu, si kuda besi juga kini semakin banyak dipilih masyarakat, khususnya yang doyan melakukan perjalanan jarak jauh seperti halnya touring.

Bicara soal touring, sejatinya ada beberapa kriteria sepeda motor yang cocok sekali untuk dipakai jarak jauh. Menurut situs resmi dealer Wahana Honda, ada yang perlu diperhatikan jika memilih sepeda motor, karena salah memilih motor akan membuat perjalanan terhambat.

Oleh karena itu, jika doyan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pilihlah motor yang tepat dan benar-benar mengerti kebutuhan OLXer, yaitu : 

1. Irit bahan bakar

Memilih kendaraan untuk jarak jauh, bahan bakar menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jarak yang jauh akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak sehingga akan berpengaruh pada anggaran kamu. Saat ini berbagai motor hadir dengan teknologi hemat bahan bakar.

Jadi, selain akan menghemat anggaran, para biker juga tidak perlu bolak-balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar.

2. Volume tangki yang besar

Setelah bahan bakar irit, OLXer juga harus memperhatikan volume tangki. Untuk perjalanan jauh, rasanya memang sangat tidak efisien jika kita memilih motor dengan tangki bahan bakar kecil, sehingga harus bolak-balik ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. 

Jika hal tersebut terjadi, maka akan menyita banyak waktu yang otomatis memperlambat perjalanan. Nah, dengan volume tangki yang besar akan memberikan keuntungan bagi motor untuk melaju tanpa harus mampir-mampir lagi ke pom bensin.

3. Perhatikan posisi berkendara

Memilih sepeda motor untuk jarak jauh juga perlu memperhatikan posisi jok dengan stang. Posisi duduk sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Jika OLXer akan melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya hindari motor dengan posisi berkendara yang terlalu membungkuk. Posisi membungkuk dalam waktu yang cukup lama akan membuat badan terasa pegal, cepat lelah, dan kepala pusing.

Pilihlah motor dengan posisi duduk yang sempurna karena akan menjaga peredaran darah di dalam tubuh tetap lancar meskipun melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Ukuran ban

Untuk ukuran ban penting untuk dipertimbangkan karena putaran ban serta daya cengkeram ke aspal sangat ditentukan oleh ban itu sendiri. Pilihlah motor dengan ukuran ban besar, yaitu 17 inci.

Ukuran ban yang besar ini relatif lebih aman ketika menjumpai jalanan yang terjal. Dengan ukuran ban yang besar maka jalan terjal dapat dilalui dengan lancar tanpa khawatir ban akan slip.

 

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga