Copied to clipboard!

Ilustrasi Baking Powder memiliki banyak manfaat untuk merawat mobil. (shutterstock)



TIPS

4 Manfaat Soda Kue untuk Merawat Mobil

Author : Herdi Muhardi

28 Feb 2020


Merawat mobil ternyata tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Seperti halnya ketika pergi ke salon untuk membersihkan interior atau memoles eksterior body mobil.

Pasalnya, ada juga alternatif lain yang cara sangat mudah dan murah untuk perawatan sebuah mobil. Bahkan, alat atau bahan yang digunakan cukup simple bisa ditemukan di warung, yaitu baking soda atau soda kue atau baking powder.

Ya, soda kue yang merupakan satuan dari resep sebagai bahan pengembang makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk merawat mobil. Mau tau? Berikut ini beberapa ulasannya seperti dilansir The Journal, yaitu:

1.  Menghilangkan Bau di Kabin

Soda kue mampu menghilangkan bau di dalam kabin. Caranya sangat mudah, OLXer cukup menaburkan soda kue bagian jok atau karpet mobil. Biarkan selama semalam.

Setelah itu, gunakan vacum cleaner untuk menyedot serbuk soda kue. Soda kue yang disimpan di satu tempat di kabin mobil juga dipercaya dapat beralih fungsi sebagai penyegar udara di dalam mobil.

2.  Menghilangkan Noda Jok dan Karpet

Selain menghilangkan bau yang menempel, soda kue juga mampu menghilangkan noda pada jok dan karpet. Caranya adalah mencampurkan soda kue dengan air, kemudian oleskan pada bagian yang kotor. Setelah itu cukup usap dengan kain bersih.

3.  Menghilangkan Korosi pada Aki

Soda kue juga dipercaya mampu menghilangkan karat aki. Caranya, soda kue dicampur dengan air sehingga terlihat seperti pasta.

Setelah itu, gosokan pasta berbahan soda kue tersebut ke bagian korosi pada terminal baterai. Setelah didiamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain kering.

4.  Membuat Pelek, Kaca, Lampu Sampai Plat Nomor Kinclong

Tak hanya sekadar membersihkan, soda kue jika dioleskan ke beberapa bagian pada mobil, mulai dari pelek, kaca, lampu, sampai plat nomor, hasilnya bisa memberikan tampilan jadi kinclong.

Caranya adalah soda kue yang dicampur air dioleskan ke bagian pelek, kaca, lampu, atau plat nomor kemudian setelah didiamkan beberapa saat lalu basuh dengan kain basah, serta bilas dengan air hangat.