Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Berita4 Model Bus Ini Disulap Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19

    4 Model Bus Ini Disulap Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19

    Jumlah kasus pasien yang Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka lebih dari satu juta orang. Terus meningkatnya kasus ini, tentu saja seluruh masyarakat harus lebih patuh lagi menjalankan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak, hindari berkerumunan dan tetap di rumah.

    Meluasnya pandemi Covid-19 ini rupanya membuat PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ikut memutar otak untuk mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19.

    Ya, Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI Santiko Wardoyo, Hino jadi salah satu pemain utama dalam industri kendaraan komersial di Indonesia, yang telah melihat transformasi signifikan selama pandemi Covid-19 berlangsung. 

    “Mulai dari prosedur pengoperasian baru hingga ide – ide yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kebutuhan kendaraan komersial selama pandemi ini. Gagasan inilah yang akhirnya kita cetuskan melalui kendaraan – kendaraan yang akan membantu dalam memerangi pandemi ini dan untuk Indonesia Bebas Covid-19,” ungkap Santiko dalam keterangan resminya.

    Lantas bagaimana Hino ikut membantu pemerintah dalam pencegahan Covid-19?

    Bertempat di Hino Total Support Centre yang berlokasi di Jatake, Tangerang, Hino menunjukan empat bus yang tak kalah canggih karena dilengkapi berbagai fitur pencegahan Covid-19. Mau tau apa saja? Berikut modelnya:

    1. Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus

    Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus
    Bus Hino R260 Bio Smart & Safe Bus

    Bus Hino R260 Bio Smart & Safe Bus ini merupakan karya PO Sumber Alam yang bekerja sama dengan Karoseri Laksana dan dibantu oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) serta dipandu oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

    Alasan digunakan nama Bio Smart & Safe Bus, hal ini karena bus tersebut  dirancang guna kebutuhan transportasi masyarakat di masa pandemi yang aman dan nyaman. 

    Kelebihannya, tidak hanya menerapkan kursi tempat duduk physical distancing dengan konfigurasi 1-1-1, namun diterapkannya desain sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin, untuk udara yang lebih bersih karena adanya penyedot udara di bawah kursi penumpang atau Inlet AC. 

    Secara umum, AC akan menyedot udara dari atas, serta jalur keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, hal ini menimbulkan turbulensi udara. Sementara pada Bio Smart & Safe Bus ini penyedot udara berada di bawah, sehingga udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light untuk menjadi udara yang lebih bersih. 

    Kata Anthony Steven H, Owner PO Sumber Alam, bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. 

    “Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus. Selain itu material Nano Silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus – virus yang menempel di dalam bus” Ungkap 

    2. Hino FC Bus –  Bio Laboratorium – Mobile PCR Lab

    Hino FC  Bus Bio Lab
    Hino FC  Bus Bio laboratorium atau Mobile Lab

    Menggunakan sasis Hino FC Bus, bus ini layaknya bio laboratorium atau Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II. 

    Bio Lab Bus didesain secara rinci dengan memperhatikan aspek keselamatan tenaga medis yang akan bekerja di dalamnya dan juga alur kerja beserta pembagian ruangan yang ditujukan untuk  meminimalisir potensi kontaminasi terhadap sample. 

    Bio Lab bus menerapkan jalur masuk dan keluar terpisah, dan di desain dengan ruangan laboratorium yang juga terpisah. Ruangan yang terdapat pada bus ini antara lain changing room untuk menggunakan APD, setelah itu masuk ke anteroom, extraction room untuk analisis sampel pasien suspek Covid-19, PCR rom untuk melakukan analisis real time PCR. 

    Selain itu sirkulasi udara yang menggunakan Hepa Filter untuk menghasilkan tekanan negatif menghasilkan udara lebih bersih. Material dan peralatan-peralatan telah menggunakan standar laboratorium. 

    Secara keseluruhan, Biolab Bus ini telah dilengkapi teknologi yang memadai untuk operasional fasilitas kesehatan. Selain itu bus ini memiliki  kapasitas untuk bekerja hingga 24 jam, dengan total jumlah analisis sampel  hingga 576 tes setiap harinya.

    3. Hino Flexicab Ambulans & PCR Lab

    Hino Flexicab Ambulans
    Hino Flexicab Ambulans

    Hino Flexicab hadir dengan aplikasi ambulans untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Microbus empat roda ini bermesin 4.000 CC dengan tenaga 110 PS sehingga sangat handal di medan berat termasuk di jalan lurus yang berjalan panjang. Hadir dengan ruang kabin yang luas dan sasis lebih panjang.

    Hino Flexicab turut dilengkapi dengan suspensi khusus bus, floating body mounting dan stabilizer depan mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan bagi pengendara dan penumpang di dalam nya, termasuk bagi pasien yang berada di dalam ambulans ini. Dengan profil sasis yang tebal dan kokoh. 

    Hino Flexicab memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat total kendaraan yang besar untuk membawa banyak muatan. Termasuk dapat digunakan sebagai PCR Lab berjalan yang hari ini turut juga HMSI tunjukan. Kendaraan ini sangat membantu pemerintah dalam meredam pandemi Covid-19 untuk tracing atau mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus COVID-19.

    4. Ambulance

    Hino Dutro
    Hino Dutro Ambulans

    Hino juga membuat mobil ambulans dari produk Hino Dutro 110 SDB. Ambulans ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi pasien yang dipastikan positif dari lokasi pasien hingga ke IGD rumah sakit Covid-19. 

    Selain itu ambulans ini juga dapat dimanfaatkan oleh PMI untuk menunjang kegiatan atau program – program emergency PMI untuk melawan Covid-19. 

    Adapun Hino Ambulans ini didonasikan dalam rangka kegiatan Corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan berupa 1 unit ambulance kepada PMI. 

    Tidak hanya kepada PMI, Hino turut juga memberikan bantuan kepada anak autis. Hino Indonesia memberikan donasi one unit kendaraan Hino Dutro MDBL bagi transportasi siswa dan siswi YPAC Autism Center. 

    Bus ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi siswa kurang mampu yang mengalami kesulitan perjalanan ke dan dari sekolah akibat minimnya sarana transportasi yang aman dan bus juga akan dipergunakan sebagai sarana transportasi kegiatan pembelajaran anak-anak autis di luar sekolah. 

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait