TIPS

4 Tips Mudah Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

09 Oct 2019

Semua orang pasti nggak mau kalau mobil pribadinya mogok di tengah perjalanan. Apalagi jika sedang buru-buru ya OLXer, pasti deg-degan banget.

Namun begitu, mobil mogok jadi risiko bagi semua pengendara yang perlu dihadapi. Hanya saja masalah akan bertambah jika mobil mogok, yaitu OLXer sendiri tak mengerti soal teknis mesin sebuah mobil.

Nah, oleh karena itu, kali ini kita akan sedikit memberi pengetahuan bagi OLXer, jika suatu saat mobilnya bisa tiba-tiba mogok. Meskipun ulasan ini tak terlalu menyeluruh, namun percaya hal ini bisa saja terjadi. Berikut cara mengatasinya:.

1. Periksa Bahan Bakar 

Salah satu penyebab mobil mogok mendadak adalah habis bahan bakar. Jika masalah ini terjadi, pada dasarnya sangat mudah dikenali, yaitu mobil akan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan.

Biasanya, tarikan mobil menjadi endut-endutan menandakan bahan bakar mobil akan segera habis. 

Oleh karena itu, sebelum bepergian cek bahan bakar atau ketika  bahan bakar sudah berkurang maka isi secara penuh. OLXer jangan menganggap enteng, bahwa di ujung jalan ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Sebab, bukan tak mungkin SPBU yang OLXer diketahui sedang tutup atau antriannya sangat panjang.

2. Pemeriksa Starter dan Baterai 

Mobil mogok juga bisa karena baterai atau aki mobil mati. Biasanya masalah pada starter dan baterai bisa dideteksi dengan hanya mendengar suara mesin ketika mesin mobil starter.

Sebaliknya, jika tidak terdengar suara mesin sama sekali, kemungkinan penyebabnya adalah aki mobil mati. Tapi, jika suara yang muncul adalah suara “klik” maka penyebabnya mungkin tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala.

Karena itu, OLXer harus rajin memeriksa sambungan baterai atau battery terminal yang ada pada kap mobil. Jika OLXer sudah menemukan aki, maka akan ditemukan dua sambungan yaitu positif dan negatif.

Oia, kedua sambungan ini kerap kotor karena debu dan juga karat. Maka dari itu, bersihkan bagian logamnya dengan sikat gigi dan dapat membantu menghilangkan debu serta karat. 

3. Switcher Starter Aus

Switcher starter cukup sering digunakan oleh para pengguna mobil ketika akan menyalakan atau mematikan mesin mobil. Tapi, perangkat ini ternyata bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Hal ini disebabkan karena kabel mengalami renggang atau logam kontraktor untuk menyambungkan arus listrik mengalami aus sehingga listrik tidak tersambung.

Untuk mengatasinya, OLXer harus segera mengganti kabel switcher starter. Tapi, jika di tengah jalan jauh dari bengkel dan sepi, cara mengatasi mobil mogok bisa dilakukan dengan menyambungkan kabel plus dan minus starter. OLXer bisa menggunakan peniti atau kawat kecil yang tajam lalu sambungkan kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.

4. Periksa Sistem Pembakaran 

Mobil mogok juga bisa karena sistem pembakaran mengalami masalah. Karena dari itu, lakukan pengecekan termasukan membersihkan busi mobil.

Warna busi dengan kelir abu-abu, biasanya tidak ada masalah. Namun jika warna busi menjadi hitam, hal tersebut menandakan bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. 

Sedangkan jika busi terbakar atau meleleh, alasannya bisa jadi karena mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Cara mengatasi mobil mogok ini adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan busi yang baru. Perlu juga melakukan pemeriksaan terhadap kabel busi untuk mengecek kalau kabel busi bisa mengalirkan listrik dengan baik. (Her)