Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Cara Aman Melakukan Pengereman Saat Hujan

    5 Cara Aman Melakukan Pengereman Saat Hujan

    Memasuki musim hujan, mengendarai sepeda memang sangat beresiko. Selain kondisi jalan menjadi licin, jarak pandang juga akan sangat terbatas.

    Ya, tanpa disadari pemotor kerap melakukan cara berkendara yang sama seperti kondisi tidak hujan. Padahal, jika mengendarai sepeda motor dikala hujan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

    Maka dari itu, sebaiknya para rider membekali diri dengan kemampuan berkendara yang baik dan aman jika berkendara saat hujan. Termasuk bagaimana teknik melakukan pengereman, terlebih saat turun hujan.

    Ya, seperti dilansir Wahana Honda, melakukan pengereman waktu naik motor di musim hujan, bisa menjadi tantangan tersendiri.

    Pasalnya secara reflek, penggunaan rem akan lebih sering terjadi ketika melintas jalanan basah. Hanya saja, jika tidak mengetahui teknik pengereman yang baik, OLXer juga bisa slip dan menyebabkan kecelakaan.

    Maka dari itu, berikut ini terdapat langkah aman ngerem motor di waktu hujan, yaitu :

    1. Menggenggam stang dengan kuat

    Hal pertama yang penting dilakukan ketika mengendarai motor di tengah hujan adalah memegang setang dengan erat. Dengan cara ini, bisa mencegah selip.

    Selain itu, perhatikan juga postur agar tubuh bisa memberi refleks yang baik ketika nyaris tergelincir.

    2. Melepas handle gas

    Saat hendak menurunkan kecepatan motor saat berkendara di jalan yang licin dan basah akibat hujan, yang harus dilakukan adalah melepas handle gas.

    Dengan cara ini, laju motor bisa berhenti dengan segera. Jangan sampai mengerem, tapi dengan tetap ngegas. Kalau masih sambil ngegas, rem tidak akan mempan.

    3. Menurunkan kecepatan dengan bertahap

    Turunkan kecepatan dan lakukan pengereman secara bertahap. Soalnya kalau dilakukan sekaligus, risiko terjadinya selip pun meningkat.

    Sebisa mungkin amati kondisi jalan terlebih dahulu. Jika kondusif dan cukup sepi, maka cara ini relatif aman untuk dilakukan.

    4. Melakukan pengereman dengan 4 jari

    Pakailah keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Laju motor bisa berkurang atau dihentikan secara optimal, melalui teknik yang satu ini.

    Termasuk ketika OLXer sedang berkendara di jalan yang licin dan basah. Dengan melakukan pengereman menggunakan empat jari ini pun bisa terhindar dari kemungkinan tergelincir.

    5. Tidak memakai rem belakang

    Kok memakai rem belakang tidak disarankan saat hujan, kenapa? Ternyata, melakukan pengereman dengan rem belakang dalam kondisi jalanan yang licin dan basah, malah bisa membuat risiko tergelincir jadi meningkat. Terutama di tikungan.

    Selain mempelajari cara melakukan pengereman yang aman, jangan lupa periksa tekanan ban sebelum berkendara. Pastikan sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dengan tekanan angin yang pas, ban tidak akan kehilangan daya cengkramnya ketika melalui jalanan yang licin maupun basah akibat hujan.

    Nah, itulah tips teknik melakukan pengereman sepeda motor saat hujan turun.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait