Copied to clipboard!
Tips Jual Mobil Bekas

Jual mobil bekas di OLX (Foto: OLX)



TIPS

5 Cara Jual Mobil Bekas dengan Harga Layak

Author : Zainal Abidin

18 May 2020


Lebaran sebentar lagi, tapi kondisinya masih sulit. Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih mengungkung. Akibatnya roda usaha macet, uang untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin sulit di dapatkan.

Jalan pintas yang terpikirkan satu-satunya adalah menjual aset, apapun itu bentuknya. Salah satunya adalah kendaraan.

Biar tidak tambah ambyar, berusahalah untuk menjual mobil bekas Anda dengan harga yang layak. Jangan sampai karena terdesak, Anda harus rela menjualnya dengan harga miring.

Setidaknya ada 5 hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa menjual mobil bekas lewat OLX dengan harga yang cukup layak, berikut adalah caranya:

  • Rawat Kondisi Mobil

Sudah tentu yang paling pertama adalah dengan menjaga kondisi kendaraan yang mau dijual tetap dalam keadaan terawat. Karena ini jadi salah satu daya tarik utama para pemburu mobkas. 

Perhaatikan eksterior, interior, mesin, dan komponen-komponennya secara saksama. Lakukan perawatan eksterior seperti cuci steam mobil, hilangkan baret-baret di sekujur bodi mobil serta mengganti bagian rusak.

Untuk interior mobil bisa dengan membersihkan plafon, dasbor, jok, dan lantai. Tambahkan pewangi  kabin, agar kabin senantiasa segar ketika calon pembeli melakukan pemeriksaan kabin atau test drive.

Kondisi mesin beserta komponennya sudah pasti harus dalam keadaan prima bila ingin terjual cepat dengan harga lumayan. Perawatan mesin beserta komponennya bisa dengan membawanya terlebih dulu ke bengkel resmi sebelum dijual. 

  • Detail Spesifikasi serta Kelengkapan Terperinci

Untuk menarik minat calo pembeli sebaiknya mencantumkan spesifikasi secara terperinci. Informasi tambahan soal spek mobil bisa lewat situs resmi produsen, kalau merasa kurang paham soal spesifikasi mobil.

Selain itu cantumkan juga kelengkapan seperti surat-surat kendaraan, penambahan fitur baru atau modifikasi yang dilakukan, juga informasi tambahan lainnya. Mencantumkan data secara lengkap tentu menjadikan pembeli merasa lebih mantap ketika menentukan pilihannya.

  • Pelajari Harga Pasaran Mobil Bekas

Sudah lumrah setiap melakukan bisnis semua orang maunya untung besar. Tapi tentunya penting untuk menakar harga pasaran dari barang yang Anda jual.

Pelajari pasaran harga mobil bekas yang sama dengan tipe serta tahun pembuatan mobil yang dijual. Periksa juga apakah ada keunggulan penawaran mobil kalian dibandingkan dengan jualan yang sejenis. Kalau ada, cantumkan di kolom deskripsi. Contohnya seperti kondisi bodi super mulus, mesin bebas karat, jarak tempuh sedikit, dan berbagai keunggulan lainnya.

  • Unggah Foto yang Sesuai

Yang juga penting adalah mengunggah foto mobil yang sesuai dan diambil dari angle terbaik sehingga cukup jelas bagi calon pembeli. 

Data yang sangat lengkap dan terperinci, serta deskripsi panjang-lebar gak akan berarti tanpa adanya bukti. Jadi unggahlah foto mobkas andalan guna menunjang kelengkapan data.

Ambil foto secara lengkap, mulai dari seluruh kabin, bagian depan, samping kiri, samping kanan, bagian belakang, serta bila memungkinkan bagian atas serta bawah eksterior.

Selain itu ambil juga foto mendetail tentang hal yang menjadi keunggulan, seperti mesin, bagian yang telah dimodifikasi atau penambahan fitur, serta bagian spesifik lainnya.

  • Ramah Menghadapi Calon Pembeli

Hal ini memang tidak mudah, karena banyak peminat terkesan hanya bertanya tanpa ada tindakan. Sebisa mungkin tetap bersikap ramah ketika melayani pertanyaan-pertanyaan dari para peminat, karena ada kemungkinan calon pembeli akan kembali setelah mereka membandingkan tawaran kita dengan para pesaing.

Namun perlu diwaspadai adanya peminat “nakal” yang ingin “tancap gas” tanpa membayar. Sangat disarankan untuk mengajak rekan atau kerabat ketika bertemu calon pembeli. 

Cermati bila terdapat kejanggalan-kejanggalan seperti meminta diantarkan menuju ATM menggunakan mobil kita atau kejanggalan lainnya.

Asah insting Anda dalam melihat keseriusan para calon pembeli. Jangan karena sudah membayangkan bakal punya uang banyak, Anda menjadi lengah.

Beriklan di OLX sangat terbuka peluang mobil bekas dagangan Anda terjual dengan cepat. Apalagi saat ini ada program perpanjangan durasi iklan. Durasi iklan semula 30 hari, kini diperpanjang menjadi 45 hari.

Selain itu untuk semua kategori iklan mobil bekas dan truk akan disundul secara otomatis setiap 14 hari, selama masa durasi iklan.