TIPS

5 Cara Menghilangkan Baret dengan Perlengkapan Mudah Didapat

08 Oct 2019

Mobil selalu mulus dan terlihat kinclong memang jadi harapan para pemiliknya. Namun begitu, hal tersebut rupanya cukup mustahil, karena baret atau lecet sering kali terjadi.

Pasalnya, jangankan mobil yang dipakai, mobil yang disimpan di garasi saja masih bisa terkena goresan, entah karena tidak sengaja tersenggol atau ulah usil sang anak bahkan juga hewan peliharaan.

Sedangkan jika di jalan raya, risiko terkena baret atau lecet memang sangat besar. Bahkan ketika OLXer sudah merasa berhati-hati, justru sebaliknya ada saja pengemudi lain yang sembrono. 

Sekalipun ketika di parkiran, meski OLXer merasa sudah aman, namun tidak menutup kemungkinan mobil lain menabrak atau menyerempet mobil Anda.

Nah, jika mobil OLXer mengalami baret atau lecet, ternyata ada juga lho solusi cara untuk menghilangkannya, yaitu:

Bersihkan Bodi Mobil Menggunakan Air

Baret atau lecet dengan goresan sangat kecil, halus, kecil sehingga nyaris tidak terlihat karena sangat sedikit, bisa saja hilang dengan menggunakan air.

Bahkan, cara menghilangkan baret pada mobil bisa dengan menggunakan kanebo basah atau lap dengan tekstur lembut. Tentu saja cara ini bisa dipraktekan sendiri di rumah.

Pasta Gigi

Pasta gigi yang ada di pasaran atau warung juga ternyata bisa juga menghilangkan baret pada bodi mobil.

Untuk caranya, OLXer cukup menyiapkan kain bertekstur lembut dan wadah sebagai tempat menuangkan pasta gigi. Nah, setelah bodi mobil bersih, basahi kain menggunakan sedikit air, lalu tuangkan sedikit pasta gigi pada kain yang telah dibasahi tadi.

Setelah itu, gosokan kain yang sudah dicampur pasta gigi ke bagian baret secara melingkar agar pemolesan sama rata pada semua bagian.

Tapi perlu dicatat, cara ini akan sangat ampuh apabila baret ringan. Sedangkan jika baretnya dalam, tentu akan sangat sulit dilakukan.

Obat Nyamuk

Obat warung lainnya yang juga dianggap dapat menghilangkan baret yaitu jenis obat oles nyamuk. Tentu saja obat nyamuk yang satu ini bukan dibakar atau yang disemprot, melainkan untuk oles ke bagian badan.

Adapun cara penggunaannya juga tergolong mudah, yaitu pertama siapkan kanebo kering. Kanebo kering akan lebih mudah membuat obat nyamuk oles menempel. Sebaliknya jika basah, daya rekat dan khasiat obat nyamuk oles justru tidak ada.

Setelah obat nyamuk dioleskan pada kanebo, maka selanjutnya poles ke bagian bodi mobil yang terkena goresan atau baret dengan sedikit ditekan

Kemudian, tunggu beberapa detik, dan kemudian bersihkan dengan air. Hal ini bisa dilakukan berulang kali.  

Minyak Rem

Minyak rem ternyata tak hanya bisa bermanfaat dalam sistem pengereman.  Sebab, minyak rem nyatanya masih bisa bermanfaat khususnya untuk menghilangkan bodi.

Cara penggunaan juga sangat mudah seperti yang dilakukan jika menggunakan obat nyamuk.

Scratch Remover

Jika OLXer merasa ragu dengan bahan warung, maka bisa juga menghilangkan baret pada mobil dengan menggunakan scratch remover.

Tentu saja harganya bisa lebih mahal dari bahan bahan warung yang sudah disebutkan di atas. Hal ini karena Scratch remover dianggap lebih kompeten untuk menghilangkan baret atau lecet pada mobil.

Karena menggunakan bahan khusus untuk mobil, maka untuk membeli Scratch remover hanya dijual di toko aksesoris mobil.

Sedangkan cara penggunaanya yaitu, oleskan Scratch remover ke jari kemudian oles hingga merata ke bagian yang tergores. Setelah itu, lap dengan kain microfiber dan sedikit ditekan.

Cara ini memang bisa dilakukan dirumah dengan perlengkapan yang terbatas. (Her)