Copied to clipboard!

Ilustrasi mencuci mobil .(Shutterstock)



TIPS

5 Cara Mudah Buat Body Mobil Tetap Kinclong Walau Hanya di Rumah

Author : Herdi Muhardi

20 Jul 2020


Pemilik mobil pasti ingin sekali memiliki tampilan luar atau eksteriornya selau terlihat mengkilap dan kinclong. Selain sedap dipandang mata, tentu saja jika body mobil mengkilap akan terkesan lebih terawat.

Tidak hanya itu, jika bodi mobil bersih jauh dari kata kusam, maka hal tersebut akan memberikan nilai lebih bagi pemiliknya, apalagi jika hendak dijual.

Nah, jika OLXer ingin membuat bodi mobil selalu mengkilap dan terhindar dari cat bodi kusam, berikut ini ada beberapa yang bisa dilakukan secara mandiri.

1. Rajin Mencuci Mobil 

Hal paling dasar untuk membuat bodi mobil selalu bersih yaitu dengan cara mencuci. Akan tetapi, untuk mencuci mobil sebaiknya tidak asal-asalan, seperti hanya basah dan terkena sabun saja.

Sebaliknya, gunakan peralatan mencuci yang tepat, jangan menggunakan air kotor, pakai air bersih, gunakan sabun dan shampo khusus dengan tingkat PH mendekati 7, serta semprot air secara menyeluruh dengan tekanan sedang.

Oia, sebaiknya ketika mencuci mobil dilakukan di tempat teduh terhindar dari paparan sinar matahari langsung, agar tidak membuat air mengering sendiri sehingga menimbulkan bercak. 

2. Hindari Paparan Sinar Matahari

Tak hanya ketika mencuci, membiarkan mobil terkena matahari langsung juga bisa berpotensi bodi menjadi kusam. 

Maka dari itu, simpan mobil di tempat yang teduh, atau terhalang sinar matahari langsung. 

3. Gunakan Sarung Mobil

Memiliki atau tidak sebuah garasi, setidaknya mobil yang sedang tidak dipakai bisa ditutup menggunakan sarung mobil. Selain menghindari dari sinar matahari, menutupi dengan sarung mobil bisa meminimalisir debu menempel, dan juga bodi tergoreng langsung.

4. Bersihkan Setelah Terkena Hujan

Satu hal yang seringkali pemilik mobil lupa, yaitu membersihkan bodi mobil jika setelah terkena hujan. Ya, biasanya setelah mobil digunakan dan turun hujan, sang pemilik malas membersihkannya kembali dengan alasan capai dan letih.

Namun, jika hal tersebut sering dilakukan maka mobil Anda akan menjadi korbannya. Ya, air hujan yang mengandung asam dan asin, jika tak langsung dibersihkan akan dapat menimbulkan bercak dan juga karat. 

Sebaiknya, jika mobil basah karena hujan, OLXer harus mencucinya kembali.

5. Poles dan Waxing

Agar mobil jadi lebih kinclong, memang tidak perlu selalu ke salon mobil. Karena OLXer bisa saja melakukan poles dan waxing secara mandiri di rumah. 

Setidaknya, perlengkapan poles dan waxing termasuk bahan atau cairannya saat ini sangat mudah didapat baik di toko offline maupun online. 

Dengan melakukan poles dan waxing, maka tampilan body mobil akan tambah kinclong seperti mobil keluar dari pabrik.