Copied to clipboard!

Ilustrasi memberishkan atap mobil. (Car Care hunt)



TIPS

5 Cara Mudah Memberishkan Plafon Mobil Kotor

Author : Herdi Muhardi

11 Sep 2020


Pemilik kendaraan wajib membersihkan mobil pada bagian eksterior maupun interior. Namun terkadang, ada bagian yang cukup jarang dibersihkan, terlebih pada bagian interior, yaitu plafon atau atap mobil.

Ya, berbeda dengan jok, jika terkena noda akan langsung terlihat dan dibersihkan si pemilik. Sedangkan bagian plafon terkadang jarang dibersihkan bahkan diacukan. Padahal material berbahan kain halus ini sering kali kotor.

Apalagi pemilik atau pengendara mobil dan penumpangnya merupakan perokok berat yang merasa tak bisa jika tidak merokok semenit saja.

Nah, seperti dilansir situs Daihatsu, sebaiknya plafon mobil harus dibersihkan agar udara di kabin tetap segar. Sebab untuk membersihkan plafon mobil caranya cukup mudah, seperti berikut ini:

1. Siapkan kain jenis microfiber dan cairan pembersih

Untuk membersihkan plafon mobil, kain microfiber cukup baik karena didesain khusus dan bahan yang digunakan mampu mengangkat serta membersihkan noda, kotoran dan debu yang ada pada plafon mobil.

Selain itu, siapkan juga cairan pembersih khusus interior yang bisa didapatkan di bengkel atau dealer mobil.

Catat, jangan pernah menggunakan air yang dicampur dengan sabun untuk membersihkan plafon. Pastikan kain dan cairan pembersih yang digunakan telah sesuai dengan yang dianjurkan ya!

2. Semprotkan cairan pembersih

Setelah semuanya siap semprotkan cairan pembersih ke bagian plafon, cairan ini berfungsi untuk membantu kain mengangkat kotoran pada plafon mobil. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, lap dengan perlahan agar tidak merusak plafon.

3. Sediakan air dan air cuka dengan perbandingan 3:1

Fungsi dari air yang dicampur cuka ini adalah membantu memastikan kotoran pada plafon mobil terangkat dan bersih secara sempurna. Ingat, perbandingan dari air dan cuka adalah 3:1. Pastikan jumlah air lebih banyak dari cuka.

Setelah mengelap bagian plafon yang telah disemprot cairan pembersih, celupkan kain di dalam air yang telah dicampur dengan cuka, lalu lap kembali plafon mobil yang terkena noda.

4. Tunggu sampai kering sempurna

Setelah semua proses tersebut telah selesai, tunggu plafon yang telah dibersihkan sampai kering. Hal ini penting, karena plafon yang basah dapat membuat lem pada plafon mobil menjadi rusak. Jadi pastikan kering terlebih dahulu ya!

5. Gunakan pewangi mobil

Nah, setelah plafon kering dan bersih, ambil pewangi mobil yang biasa digunakan, semprotkan ke bagian interior untuk menghilangkan bau cairan pembersih dan air cuka tadi. Setelah itu, mobil siap untuk beraksi lagi.