Copied to clipboard!

Ilustrasi membersihkan body mobil. (shutterstock)



TIPS

5 Cara Mudah Mencegah Body Mobil Baret atau Lecet

Author : Herdi Muhardi

30 Oct 2020


Baret atau lecet memang dapat membuat tampilan mobil menjadi tak sedap dipandang. Bahkan, banyaknya goresan pada mobil kerap diidentikan bahwa sang pemilik merupakan orang yang tak bisa merawat mobil dengan benar.

Memang, baret atau lecet memang bisa diperbaiki. Hanya saja, jika mobil mengalami goresan tentu akan ada yang wajib OLXer ganti yaitu waktu dan uang untuk perbaikan. 

Belum lagi, jenis goresan pada body mobil juga belum tentu OLXer pahami. Sebab, terkadang goresan yang terjadi cukup dalam sanggup memperlihatkan lempengan logam body, dimana jika didiamkan dalam waktu cukup lama jadi penyebab timbulnya karat atau korosi. 

Memang, lecet pada cat mobil bisa saja terjadi, akan tetapi OLXer sendiri bisa mencegah goresan pada mobil, seperti yang disarankan Car From Japan, antara lain:

1. Hat-hati saat mengemudi 

Cara pertama untuk mencegah terjadinya goresan pada mobil tentu saja berhati-hati saat mengemudi. Artinya, saat kondisi jalanan lengang atau macet, pastikan mobil OLXer selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain baik di depan, belakang dan juga samping.

Selain itu, jangan mengemudi di bahu jalan, karena biasanya kondisi jalan penuh batu, semak-semak, hingga rating pohon menggantung rendah. Hal-hal seperti ini faktanya akan mudah membuat cat body mobil lecet.

2. Hati-hati saat parkir 

Setelah mengemudi, pastikan sesampainya di lokasi pilih tempat parkir yang aman. Potensi parkir yang aman yaitu berada dalam garis hal ini sudah pasti mobil akan terhindar dari gesekan mobil lainnya, karena mobil berhenti dan berada dalam garis parkir sangat dianjurkan. 

OLXer juga disarankan parkir tidak di dekat lajur pejalan kaki atau pintu masuk. Hal ini tentu saja dapat menghindari tangan-tangan usil atau memang tidak sengaja tersenggol. 

Selain itu, hindari parkir di bawah pohon, karena selain kemungkinan rating jatuh, bisa saja kotoran burung atau getah pohon menempel pada body mobil. 

3. Rajin Cuci mobil dengan cara yang benar

Rajinlah mencuci mobil. Selain itu, mencuci menggunakan pencucian mobil otomatis, tidak terlalu disarankan. Sebaliknya, lakukan dengan tangan menjadi pilihan terbaik. 

Mencuci juga tak bisa asal-asalan, misalnya jangan asal basuh lantaran spons sudah dibasahi, kemudian ditambah sabun maka menghasilkan busa yang banyak. Sementara body mobil yang kotor belum disiram. Alhasil, akan muncul goresan baru.

Maka dari itu, langkah yang harus diperhatikan pastikan kotoran yang menempel pada body mobil disiram air dengan menggunakan selang.

4. Gunakan pembersih berkualitas

Selain rajin mencuci mobil, pastikan perlengkapan mencuci mobil menggunakan perlengkapan berkualitas seperti kain microfiber dan lap jenis chamois, serta lap kering.

Saat ini banyak juga bermacam-macam jenis pembersih mobil. Hanya saja, OLXer jangan hanya melihat dari harga yang murah, tetapi pastikan komposisi jenis pembersih sesuai  dan memiliki standar terbaik. 

5. Lakukan Wax

Jika mobil sudah dicuci, tidak ada salahnya lakukan wax agar melindungi cat mobil dari pancaran sinar matahari yang menghasilkan Ultraviolet, air, debu dan kotoran. 

Nah, itulah lima cara yang bisa OLXer terapkan agar mobil terhindar dari baret atau lecet. Silahkan dicoba.