Copied to clipboard!



TIPS

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Author : Herdi Muhardi

18 Oct 2019


Jamur jadi salah satu yang sering muncul di kaca jendela mobil. Tentu saja, keberadaan jamur ini selain tak sedap dilihat, visibilitas atau jarak pandang atau kemudi menjadi kurang jelas.

Kalau OLXer mau tau asal muasal jamur pada kaca mobil lihat artikel 4 Hal Penyebab Munculnya Jamur Pada Kaca Mobil.

Bahkan kaca jendela berjamur juga bisa menyebabkan alergi jika dihirup dalam jangka panjang. Oleh karena itu, supaya masalah kaca berjamur hilang berikut ini beberapa tips untuk menghilangkannya, antara lain: 

1. Lap Khusus Untuk Kaca Mobil Kering 

Menghilangkan jamur pada kaca mobil bisa dilakukan dengan memanfaatkan kain khusus untuk kaca mobil. Caranya juga cukup mudah, hanya mengusap kaca mobil secara perlahan dan mobil menggunakan kain kering sampai jamur hilang.

Perlu dicatat jangan  menghilangkan jamur pada kaca mobil, dengan menggunakan benda tajam atau benda yang bersifat mengikis lapisan pelindung kaca mobil. 

2. Air Soda 

Cara lain untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil cukup menuangkan air soda ke kain kering. Setelah itu, lap area kaca yang berjamur hingga hilang.

Jika sudah dilap, maka langkah selanjutnya cukup dikeringkan menggunakan kain kaca yang bersih. 

3. Gunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil lho OLXer. Caranya juga mudah, cukup celupkan kain lembut ke dalam pemutih pakaian, lalu usapkan ke bagian kaca mobil yang terdapat jamur hingga hilang.

Setelah itu, bersihkan kaca yang sudah dilap menggunakan air biasa dan keringkan menggunakan kain bersih. 

4. Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya digunakan untuk membersihkan sekaligus memutihkan gigi, tapi bisa juga menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Namun perlu dicatat, pasta gigi hanya bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil yang baru muncul. Jadi, kurang bisa diandalkan bila jamur sudah tebal. 

Adapun cara menghilangkannya adalah, bersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran terlebih dulu, lalu keringkan. Setelah itu, oleskan sedikit pasta gigi di area kaca yang berjamur.

Kemudian, usap secara perlahan jamur yang menempel menggunakan kain kaca kering dengan gerakan memutar. Jika dirasa jamurnya sudah bersih, segera bilas dengan air.

Perlu diingat, hindari membiarkan pasta gigi sampai kering terlalu lama di kaca, karena hal itu malah menyulitkan OLXer menghilangkan jamur pada kaca mobil. 

5. Menggunakan Cuka Apel

Mungkin OLXer, hanya mengetahui jika cuka apel digunakan sebagai pengobatan atau bahan makanan. Tapi, dibalik itu cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur kaca mobil yang membandel.

Untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil menggunakan cuka apel, yaitu buatlah campuran cuka apel dengan air dengan takaran tiga sendok makan cuka apel untuk satu liter air.

Kemudian celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut. Lalu gosokkan kain tadi pada kaca mobil dengan gerakan memutar hingga jamur pada kaca mobil hilang. Kemudian, keringkan kaca dengan menggunakan kertas koran. (Her)