Copied to clipboard!
Tips Merawat Cat Mobil

Memoles bodi mobil dengan menggunakan wax tidak boleh terlalu sering, karena cat mobil bisa terkikis (Foto : Google)



TIPS

5 Cara Mudah Menjaga Cat Mobil Tetap Awet di Musim Pancaroba

Author : Zainal Abidin

11 Jun 2020


Kondisi cuaca akhir-akhir ini memang sedang tidak menentu. Kadang seharian panas, tapi tiba-tiba kemudian turun hujan. Dengan kondisi cuaca pancaroba seperti ini, jelas harus ada perhatian khusus dan ekstra terhadap mobil, khususnya pada bagian cat eksterior. 

Kalian tentu tidak mengharapkan cat mobil jadi kusam bahkan rusak akibat tidak adanya perlakuan khusus saat musim pancaroba ini. 

Ada langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan agar cat mobil tetap awet, tetap kinclong meski cuaca kadang panas kadang hujan. 

Yuk simak tips-tips berikut ini : 

1. Cuci segera setelah terkena hujan

Air hujan mengandung zat asam yang berpotensi menimbulkan jamur dan merusak cat mobil jika dibiarkan kering. Sebaiknya mobil langsung dicuci dan dilap sampai kering untuk menghilangkan zat asam. Tidak harus selalu pakai sabun kok, cukup dengan membilasnya menggunakan air bersih. Yang penting air hujan tidak menempel di bodi mobil. 

2. Ketahui kelebihan dan kekurangan pakai cover mobil 

Mindset pemilik mobil sampai sekarang ini adalah menggunakan cover untuk melindungi bodi mobil memberi banyak keuntungan. Langkah preventif ini dianggap sangat ampuh membuat cat mobil tetap awet dan mengkilap. 

Kenyataannya tidak selalu begitu. Banyak ahli justru tidak merekomendasikan menutup bodi mobil dengan cover, khususnya saat malam hari atau ketika hujan. Karena ini berpotensi membuat permukaan cat jadi lembab yang akhirnya menimbulkan jamur. 

3.  Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari menjadi salah satu musuh utama bagi cat mobil. Terlalu sering terpapar sinar matahari langsung bisa mengurangi kadar warna pada cat mobil. Disinilah cover mobil bisa memberi keuntungan. 

Jadi apabila mobil kesayangan Anda lebih banyak terparkir di outdoor, sebaiknya menggunakan cover mobil. Ini demi menjaga awetnya kualitas warna pada cat mobil. 

4. Hindari terkena embun malam

Bukan cuma air hujan saja yang harus dihindari oleh bodi mobil biar cat-nya bisa awet. Embun malam hari juga punya efek negatif. Karena pada prinsipnya, air hujan dan juga embun sama-sama mengandung zat asam. Jadi sebaiknya di malam hari parkirkan mobil di dalam garasi yang tertutup. 

5. Gunakan wax seperlunya

Wax dianggap cara paling jitu untuk membuat cat mobil kinclong dan tampilan eksterior terlihat makin bersinar. Ini memang tidak salah, asal jangan berlebihan. Jika terlalu sering bisa membuat cat mobil terkikis. 

Asuransi Cara Paling Mudah Melindungi Mobil

Perawatan rutin pada mobil jadi kunci utama. Karena semahal apapun cat mobil yang digunakan, tidak mampu bertahan bagus dalam jangka waktu yang lama kalau tidak diiringi dengan perawatan secara berkala. 

Tips di atas sangat mudah dilakukan, semudah cara memproteksi mobil kesayangan Anda dengan asuransi. Untuk menghindari berbagai risiko kerugian pada mobil, cukup beli asuransi lewat smartphone. 

Salah satu produk asuransi yang kami rekomendasikan adalah Garda Oto dari Asuransi Astra. Karena saat ini ada spesial promo voucher diskon hingga Rp 4,9 juta + cicilan nol persen dengan kode promo TETAPSIAGA. 

Untuk info lebih lanjut kunjungi www.gardaoto.com/garda-oto/promo