Copied to clipboard!

Ilustrasi konsumen hendak membeli mobil. (shutterstock)



TIPS

5 Cara Mudah Menjual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

Author : Herdi Muhardi

12 Mar 2020


Beragam tipe dan merk mobil yang dirilis setiap tahun, membuat banyak orang ingin memilikinya. Alhasil, mobil lawas yang sejak lama menjadi kendaraan kesayangan harus dijual cepat untuk menambah ongkos pembelian mobil baru atau Down Payment (DP),

Pastinya agar impian mengendarai mobil baru bisa terwujud dalam waktu dekat, mobil lawas juga perlu didandani  agar tampangnya lebih menarik minat pembeli dan cepat laku.

Oleh karena itu ada beberapa trik mudah menjual mobil agar bisa laku dalam waktu singkat. Berikut ulasannya.

1. Memeriksa seluruh komponen pastikan dalam kondisi baik

Setidaknya sebagai penjual, OLXer juga harus berempati dengan orang lain, terutama para calon pembeli. Mereka tentu ingin mendapatkan mobil bekas terbaik untuk keluarga dan berbagai kebutuhan. 

Periksa dan perbaiki komponen mobil mulai dari mesin, steering, AC, lampu – lampu, pintu dan jendela, rem dan lainnya. Jangan sampai ada cacat walau sekecil mungkin.

2. Membersihkan mobil

Siapa yang mau membeli bila kondisi mobil kotor, berdebu dan bau? Nah, sebelum menjual bersihkan kembali lantai, karpet, jok kulit dan bagian sudut – sudut tersembunyi yang mungkin meninggalkan kotoran dan sampah. 

Cuci seluruh permukaan mobil dan bila mungkin gunakan penyedot debu untuk menghisap tungau – tungau atau serangga kecil yang membuat sarang dalam mobil. Setelah rapi dan bersih, tempatkan parfum mobil untuk menambah kenyamanan dan daya tarik mobil terhadap calon pembeli.

3. Berjualan dengan jujur

Kejujuran OLXer akan berbuah manis. Untuk apa menutupi kecacatan mobil kita yang justru imbasnya akan menjadi bumerang bagi kredibilitas kita di mata calon pembeli. Toh, bila pembeli suka mereka tidak akan sungkan lagi untuk membayar lunas mobil kita tanpa memikirkan kekurangan kecil yang ada pada mobil.

4. Memasang harga yang terbaik

Soal harga memang penting terlebih agar mobil cepat laku. Periksa harga pasaran mobil Anda di sejumlah tempat yang ada di kota Anda. Kemudian, gunakan harga rata – rata seperti penjual lain atau bahkan lebih murah. Dijamin, harga yang tepat akan membuat mobil cepat laku.

5. Pasang foto dan keterangan detail terbaik

Jika ingin menjual secara online, sebaiknya memasang foto untuk jualan terlihat menyeluruh dengan angle terbaik. Selain itu, saat pemotretan ada baiknya di lokasi yang sumber cahayanya banyak. Jangan hanya di garasi yang sempit, apalagi kamera yang digunakan resolusinya rendah. Karena calon pembeli sendiri merasa tak mengetahui sangat detail dari segala sisi.

Ada baiknya pengambilan gambar dilakukan dari berbagai sudut dengan kualitas gambar yang baik dan jelas.

Sedangkan untuk memudahkan konsumen mencerna, berikan berbagai informasi yang dicari mulai dari fitur dan teknologi. Sebaliknya, jika deskripsi sangat sedikit, maka hal itu membuat tanda tanya dan rasa curiga bagi si calon konsumen.

Tak ada salahnya mencantumkan spesifikasi secara lengkap sehingga pengetahuan si calon pembeli terangsang.