Copied to clipboard!

Ilustrasi kabin Toyota Agya. (Toyota)



TIPS

5 Cara Sederhana Mencegah Udara di Dalam Kabin Mobil Terhindar Virus Corona

Author : Herdi Muhardi

15 Jul 2020


Menuju transisi masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal, penyebaran virus corona di Indonesia masih tergolong tinggi. Dengan memberlakukan New Normal, bukan berarti kita bebas melakukan apapun di luar rumah.

Sebaliknya, di masa New Normal kita tetap harus melakukan physical distancing, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan. Selain itu, sebaiknya keluar rumah jika ada keperluan yang sangat mendesak. 

Hal ini juga berlaku meski menggunakan mobil pribadi. Sebab Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) merespons pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan virus corona SARS-CoV-2 memiliki potensi untuk menular melalui udara.

Seperti virus flu, risiko penularan  bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup dan ramai serta kondisi tubuh kita sedang tidak fit. Di sisi lain, kabin mobil merupakan lingkungan tertutup dan terbatas, apalagi saat menggunakan AC selama perjalanan.

Seperti dilansir Auto2000, AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap. 

Oleh karena itu, OLXer wajib menjaga kebersihan kabin dan AC mobil untuk mencegah penularan virus. Nah, berikut beberapa cara yang bisa OLXer lakukan:

1. Pakai Masker di Dalam Mobil

Sebaiknya OLXer tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama. Termasuk ketika ikut menumpang mobil teman atau kendaraan umum.

2. Bersihkan Kokpit Mobil

Sebelum mobil digunakan, sebaiknya selalu membersihkan area kokpit mobil, seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan. 

Bersihkan lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

3. Buka Jendela Secara Berkala

OLXer juga bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. 

Selain itu, OLXer juga bisa memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

4. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. 

Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk dihembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila  mengganti filter kabin AC.