Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Informasi5 Faktor Penentu Harga Mobil Bekas Tinggi

    5 Faktor Penentu Harga Mobil Bekas Tinggi

    JAKARTA – Siapapun orangnya, entah itu penjual atau pembeli yang mencari mobil bekas, tentu semua berharap bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dalam kondisi yang sehat, rapi dan tidak punya masalah apa-apa terkait dokumen. Harga mobil bekas seringkali terpengaruhi dari kondisi-kondisi tersebut.

    Ini memang merupakan hal mutlak. Siapa sih yang mau beli mobil bekas terus jadi bermasalah di kemudian hari? OLXer tentu ‘ogah’ kan?

    Kondisi dari sebuah mobil sudah pasti menentukan nilai jual kembalinya. Semakin baik kondisi dari sebuah mobil bekas pasti harga jualnya pun lebih tinggi dibanding dengan mobil yang kondisinya tidak terawat meski model dan tahunnya sama.

    Berikut ada tips membeli mobil bekas dari Daihatsu soal bagaimana mempertahankan harga jual beli mobil bekas agar bisa tetap tinggi. Setidaknya ada lima aspek yang harus diperhatikan sebagai tips membeli mobil bekas secara online maupun offline, apa saja?

    Baca juga: 10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

    1. History Service

    Bila OLXer merasa membeli mobil dari baru, pastikan perawatan berkalanya dilakukan di bengkel resmi. Biasanya mobil baru dilengkapi dengan buku servis yang nantinya akan diisi setiap melakukan servis. Ini menjadi salah satu jaminan mobil OLXer punya harga tinggi kalau mau dilego.

    2. Kondisi Fisik Mobil Bekas Terawat

    Aspek ini juga jadi salah satu kunci mobil bekas OLXer bakal laku dengan harga tinggi. Kondisi fisik, mulai dari bodi eksterior sampai kondisi kabin (interior) adalah hal paling pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Pastikan kondisinya mulus, bebas baret, bebas bekas tabrak, dan kondisinya standard.

    3. Usia Mobil Bekas Tak Lebih Dari 5 Tahun

    Biasanya, calon pembeli setelah kepincut dengan kondisi mobil bekas yang akan dibelinya, bakal langsung menanyakan usia kendaraan tersebut. Kalau ini biasanya erat kaitannya sama jarak pakai mobil. Mobil yang umurnya nggak lebih dari lima tahun biasanya punya kilometer yang masih rendah, artinya bukan mobil ‘capek’. Ini juga penentu tingginya harga mobil bekas.

    Baca juga: Jual Mobil Bekas Tetap Berkualitas, Pastikan Sudah Melalui Inspeksi

    4. Keaslian dan Kelengkapan Surat Mobil Bekas

    Aspek lain yang juga menentukan keberhasilan OLXer menjual mobil seken dengan harga tinggi adalah kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya. Yang banyak terjadi disini adalah, mobil kondisinya bagus, track record servisnya juga oke, tapi ternyata pajak mati. Nah, ini jadi senjata pembeli untuk menekan harga mobil OLXer.

    5. Jenis Transmisi

    Nah, aspek yang paling buncit adalah jenis transmisi. Sudah menjadi paham semua orang ataupun pemain jual-beli mobil bekas, kalau mobil transmisi manual harga sekennya selalu lebih tinggi dibanding mobil transmisi otomatis. Padahal kalau untuk harga barunya, transmisi otomatis pasti akan lebih mahal Rp 10-20 juta jika dibanding varian transmisi manual.

    Baca juga: 5 Cara Jual Mobil Bekas dengan Harga Layak

    Nah, OLXer sudah tahu dong kira-kira aspek apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menjual mobil kesayangan OLXer, agar harganya tetap maksimal, sehingga memudahkan untuk kembali mendapatkan mobil baru nantinya. Sementara bagai pencari mobil, penjelasan diatas bisa jadi tips membeli mobil bekas secara kredit yang nggak bakal mengecewakan.

    Tapi apapun jenis mobil bekas yang OLXer rencanakan untuk dijual, jangan lupa jualnya di OLX aja. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait