OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  5 Hal Sepele Penyebab Bodi Mobil Lecet dan Kusam



5 Hal Sepele Penyebab Bodi Mobil Lecet dan Kusam

17 Jul 2020

Ilustrasi Cuci Mobil

Mencuci menjadi bagian dari perawatan sebuah mobil. Meski terlihat sangat mudah, namun mencuci mobil pekerjaan yang cukup melelahkan, dan tak jarang sang pemilik justru malas melakukannya.

Ya, mereka rata-rata memilih mencuci mobil lewat jasa pencucian atau steam mobil karena dianggap hemat waktu dan tenaga, praktis karena dibersihkan luar dalam.

Namun jika OLXer merasa sanggup untuk mencuci mobil sendiri agar hasilnya lebih memuaskan, setidaknya ada beberapa hal yang jangan dilakukan saat mencuci mobil, antara lain:

1.     Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung

Mencuci mobil di bawah paparan sinar matahari langsung, memang dapat menyebabkan mobil lebih cepat, hanya saja air bekas mencuci  bisa menempel dan membekas pada permukaan cat mobil.

Nah, jika hal tersebut terjadi maka dapat membuat cat mobil lebih cepat kusam dan lusuh. Sebaiknya, mencuci mobil di tempat dengan atap tertutup dan teduh.

2.     Menggunakan sabun colek

Salah satu hal paling penting dalam mencuci mobil yaitu ketersedian sabun atau shampo. Ya, gunakan sabun atau shampo khusus mobil yang dipastikan memiliki kandungan yang aman untuk cat mobil.

Sebaliknya hindari penggunaan sabun colek atau sabun cuci piring. meski murah, namun sabun colek dapat menyebabkan warna cat mobil menjadi lebih mudah kusam.

3.     Menggunakan air kotor

Namanya juga mencuci, tentu saja agar mobil tetap bersih. Sama seperti mencuci pakaian, piring atau hal apapun, sebaiknya menggunakan air bersih. Sebaliknya air yang kotor justru dapat beresiko membuat mobil berjamur atau meninggalkan bekas noda dan bodi lecet. Oleh karena itu jangan menggunakan air kotor.

4.     Menggunakan bahan kain pembersih kasar

Bodi mobil bisa disebut sangat sensitif dan rentan tergores. Nah, karena itu jika mencuci atau melap mobil dengan menggunakan bahan kain pembersih dengan tekstur kasar hal itu sudah pasti akan meninggalkan goresan.

Sangat mungkin terjadi apabila kain dalam kondisi basah dan lembab menjadi penyebab bodi tergores. Maka dari itu gunakan lembut seperti bahan microfiber. Sebab, apabila tergores tentu saja biaya untuk mengembalikan seperti kinclong kembali akan jauh lebih mahal.

5.     Membiarkan mobil basah

Ketika selesai mencuci sebaiknya jangan didiamkan atau dibiarkan mengering sendiri. Sebaliknya lap mobil usai mencuci, karena jika dibiarkan mengering tanpa di lap justru lama kelamaan dapat menimbulkan flek atau jamur.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga