Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Langkah Merawat Wiper Agar Maksimal di Musim Hujan

    5 Langkah Merawat Wiper Agar Maksimal di Musim Hujan

    Di saat hujan turun dengan deras, bagian mobil manakah yang punya peran penting menjaga keselamatan saat berkendara? Pasti banyak yang menyebut rem atau ban. Tapi buat OLX, wiper adalah yang paling penting.

    Jarak pandang saat hujan deras banyak dibantu oleh fungsi wiper, sehingga sangatlah penting menjaga kondisinya tetap prima sehingga mampu bekerja maksimal.

    Untuk merawat wiper mobil, Otospector punya 5 langkah jitu yang akan kita ulas secara lengkap;

    1. Menjaga Elastisitas Karet Wiper

    Selain terdiri dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Supaya bagian itu tetap terjaga, jangan terlalu sering memarkirkan mobil di tempat yang sangat panas. Panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada karet wiper.

    Jika mobil terus-terusan terkena panas, karet tersebut pun akan semakin cepat mengering dan pecah. Parkir di tengah kondisi cuaca panas, ada baiknya mengganjal atau mengangkat wiper selama ditinggalkan. Hal ini dapat mencegah panas dari kaca mengenai karet secara langsung.

    2. Berhati-hati Saat Mencuci Wiper

    Saat mencuci mobil, bagian wiper pun biasanya tak terlewatkan untuk dibersihkan. Harus hati-hati saat membilas bagian karetnya, sebab pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembap.

    Cara mencuci dan merawat wiper yang benar adalah, jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menegakkan wiper setelah dicuci.

    3. Cek Kondisi Poros Wiper

    Selain bagian karet, poros wiper pun perlu diperhatikan! Berikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah aus. Hal ini dilakukan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca saat musim hujan jadi tak terhambat.

    4. Isi Cairan Wiper

    Di dalam ruang mesin terdapat satu tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil, yang pada umumnya diisi dengan air biasa. Ada baiknya bila mengisi tangki tersebut dengan cairan pembersih khusus yang ditambah dengan air.

    Cairan pembersih kaca mobil biasanya memiliki kandungan yang membuat kaca mobil menjadi licin. Potensi tersendatnya kerja wiper akibat permukaan kaca yang kesat pun jadi minim. Bukan hanya membuat wiper tidak mudah rusak, cairan ini pun dapat membuat kaca terlindungi dari goresan wiper.

    5. Ganti Wiper Secara Rutin

    Lakukan pengecekan menyeluruh kondisi wiper secara rutin, jika wiper sudah mulai berdecit saat digunakan atau karet terlihat getas, mungkin sudah waktunya mengganti wiper dengan yang baru.

    Pada umumnya, karet wiper perlu diganti setiap 1 tahun sekali, tergantung pemakaian. Perhatikan apakah hanya karet nya saja perlu diganti, atau dudukan nya juga perlu diganti juga. Pastikan memilih wiper yang cocok dengan jenis mobil, karena setiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda.

    Bila 5 langkah di atas sudah dilakukan, berarti tidak perlu khawatir lagi saat berkendara di tengah hujan yang lebat. Wiper dalam kondisi terawat bakal sangat membantu perjalanan OLXer. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait