Copied to clipboard!
5 Daftar Sedan Murah

5 Mobil sedan Murah Seharga Rp 50 Juta-a di OLX



MOBIL BEKAS

5 Mobil Sedan "Look Like a Boss" Seharga Rp 50 Juta

Author : Zainal Abidin

29 May 2020


Ada sebuah pemikiran yang berkembang di masyarakat Indonesia yang menurut OLX sangat aneh. Pasti kalian penasaran pemikiran apakah itu?

Nih OLX kasih tau….. Bagi orang awam, siapapun yang punya mobil sedan pasti dianggap orang kaya. Atau paling tidak punya jabatan tinggi di tempat kerjanya.

Padahal mungkin jenis mobil sedan yang dimiliki orang tersebut bisa jadi hanya mobil sedan bekas taksi ataupun mobil sedan dengan fitur yang minim dibandingkan dengan mobil jenis lainnya.

Setuju nggak dengan pernyataan tersebut? 

Salah satu pertimbangan mengapa jenis sedan dianggap mobil kelas atas adalah karena beban pajak yang lumayan tinggi dibanding mobil jenis lainnya.

Ini merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, dimana disebutkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN-BM) untuk sedan di bawah 1,5 liter adalah 30 persen, di atas itu 40-75 persen. 

Sementara segmen-segmen lain dengan kapasitas mesin yang sama hanya dikenakan pajak sebesar 10 persen saja. 

Yang pada intinya, ketika kalian memutuskan untuk memiliki sebuah mobil sedan, maka harus siap untuk membayar pajak lebih besar dibanding mobil jenis MPV, SUV atau jenis mobil penumpang lainnya.

Paradigma ini lalu berkembang bahwa hanya level bos-lah yang sanggup untuk membeli sebuah mobil sedan.

Kelebihan Mobil Sedan

Kondisi itu tidak lantas membuat popularitas mobil sedan jadi menurun. Sebagian pecinta mobil di Indonesia masih sangat menggemari mobil sedan, meski dalam kondisi bekas.

Alasannya karena jenis mobil yang satu ini punya banyak keunggulan dibanding jenis mobil lainnya. Keunggulan mobil sedan tersebut antara lain: 

Punya Posisi Duduk Lebih Nyaman

Sedan menawarkan posisi duduk yang lebih nyaman dibandingkan mobil jenis lainnya. Kenyamanan ini berlaku bagi pengemudi, maupun penumpang di bangku depan dan belakang.

Punya Fitur Keselamatan Lebih

Selain nyaman, model sedan juga dianggap lebih aman dengan segudang fitur keselamatan. Sebagai informasi, mobil jenis sedan adalah model pertama yang dibekali dengan berbagai fitur keselamatan.

Punya Aerodinamika yang Lebih Baik

Selain aman dan nyaman, model sedan juga menawarkan stabilitas lebih baik dibandingkan jenis mobil lainnya juga handling yang jauh lebih stabil.

5 Daftar Mobil Sedan Harga Rp 50 Juta 

Jika kalian penggemar mobil jenis sedan tapi merasa berat dengan harga mobil sedan keluaran terbaru, salah satu opsi agar tetap bisa bergaya layaknya seorang bos, adalah dengan membeli mobil sedan bekas lansiran tahun 90an akhir hingga 2000 awal. 

Ada banyak pilihan yang bisa kalian dapatkan dengan harga yang cukup murah, kisaran Rp 50 juta. Berikut 5 merek atau model sedan yang kami rekomendasikan :  

1. Honda Accord VTiL

Honda Accord merupakan mobil sedan kompak hingga ukuran menengah (mid-size) yang dibuat oleh Honda sejak tahun 1976, dan dipasarkan secara luas pada berbagai pasar otomotif di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menjadi salah satu model sedan Honda terlaris sepanjang masa, Accord kini sudah diproduksi dalam 10 generasi.

Untuk harga pasaran Accord lansiran 2000 banyak ditawarkan dengan harga rata-rata Rp 50 juta-an. Tentu harga tersebut sangat terjangkau bagi kalian.

Model sedan laris ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.4L, 4 silinder segaris SOHC 16 katup VTEC. Tenaga maksimum mencapai 150 hp di 5.700 rpm dengan torsi puncak 205 Nm di 4.900 rpm.

Sistem peredam di dalam kabin cukup maksimal dengan bagasi yang luas sebagai keunggulannya.

2. Mitsubishi Galant

Di masa kejayaannya, model sedan yang satu ini cukup banyak menarik perhatian para penyuka otomotif. Desainnya atraktif dan menjadi sedan kelas atas bagi pabrikan Mitsubishi Motors.

Mitsubishi Galant lebih dikenal orang dengan sebutan Galant Hiu karena desain depannya yang memang identik dengan kepala Hiu, hewan predator paling buas di lautan.

Berbekal mesin 2.5L V6 menjadikan mobil ini sebagai yang tercepat di jamannya. 

Belum lagi fitur yang diusung sangat mewah dan canggih. 

Kalian bisa menemukan Mitsubishi Galant lansiran 2001 dengan banderol kisaran Rp 50 juta-an di OLX.

3. Toyota Camry XV20

Di tahun 1998 Toyota Indonesia resmi menghentikan penjualan Corona Absolute. Sebagai gantinya pabrikan mobil Jepang ini menggantinya dengan Camry XV20.

Varian sedan ini termasuk sedan tergolong paling nyaman dan juga mewah.

Mengusung mesin 5S-FE 14 SOHC berkapasitas 2.2L Toyota Camry XV20 menawarkan tenaga serta torsi yang besar. 

Harga pasaran di segmen mobil bekasnya juga bermain di angka banderol antara Rp 50 juta-an atau lebih-lebih sedikit. 

Kalian bisa dengan mudah menemukan Toyota Camry XV20 di OLX.

4. BMW 528i

Sedan premium ini meluncur di Indonesia pada tahun 1996 bersama dengan BMW 523i E39. Hanya berbeda di sektor interior, tapi untuk eksterior tidak jauh berbeda. 

Mesin yang dibawanya adalah mesin single Vanos yang mempunyai kode M52B28 dengan kapasitas 2.8L. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 190 Hp di 5.300 rpm dan torsi puncak 280 Nm/ di putaran 3.950 rpm.

Seri 528 menjadi pelopor hadirnya fitur canggih dalam kabin dari semua jajaran BMW seri-5. Mulai dari AC digital dengan climate control, electric tilt reach-rake dan kursi elektrik. 

Mobil pilihan bos-bos ini juga bisa kalian beli dengan harga cukup murah, yakni sekira Rp 50 juta-an. Bisa cek langsung di OLX.

5. Peugeot 406

Mobil sedan asal Eropa ini juga termasuk jenis yang sangat nyaman dengan tampilan eksterior cukup modern pada jamannya. 

Fitur keselamatan sudah ada Anti-lock Braking System (ABS), Power Window, Power Steering dan 4 buah Airbags. 

Dibekali mesin berkapasitas 2.0L, 4 silinder segaris 16 katup DOHC, dorongan tenaganya mencapai hingga 135 hp di putaran 5.500 rpm dengan torsi 187 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sedan ini termasuk salah satu yang OLX rekomendasikan bagi kalian yang ingin “look like a boss” dengan pasaran mobil bekasnya di angka Rp 50 juta-an.

Nah, demikian 5 daftar mobil sedan berbanderol Rp 50 juta yang bisa menjadikan pemiliknya layaknya bos besar.