OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  5 Penyebab Ban Bocor Halus



5 Penyebab Ban Bocor Halus

03 May 2021

Ilustrasi ban bocor halus. (shutterstock)

Salah satu hal paling menjengkelkan ketika hendak bepergian dengan kendaraan bermotor yaitu mengalami ban bocor. Kejadian ini memang sangat meresahkan, apalagi kita harus cepat sampai lokasi tujuan.

Nah, bicara soal ban bocor, OLXer pasti pernah mendengar istilah bocor halus, dimana kebocorannya cukup kecil tidak terlihat sehingga pengendara tak menyadari namun kondisi ban terus kempes, apalagi sampai tekanan angin habis di tengah jalan.

Jika OLXer mengalami ban bocor halus, menurut situs Wahana Honda, kondisi ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang mempengaruhi, mulai dari faktor internal hingga eksternal seperti kondisi permukaan jalan dan lain-lain.

Nah, berikut ini beberapa potensi penyebab ban motor bocor halus, antara lain:

1. Kondisi ban yang sudah tidak prima

Faktor pertama yang dapat menyebabkan ban motor bocor halus adalah kondisi dari komponen ban itu sendiri. Ban yang sudah berusia tua atau sudah cukup lama digunakan untuk mengarungi jalan tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus karena permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal.

Selain itu, jika ban motor sudah terlihat aus atau gundul, sebaiknya segera diganti dengan ban baru karena selain dapat memicu terjadinya bocor halus juga dapat membahayakan keselamatan selama berkendara di jalan raya.

2. Bebatuan yang tajam

Jika sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil, hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bocor halus. Terlebih jika melewati jalanan tersebut dengan kecepatan yang cukup tinggi. Resiko kebocoran pada ban pun akan jauh lebih besar.

Hal ini dikarenakan beberapa bebatuan di jalan memiliki permukaan yang cukup tajam. Jika permukaan tersebut mengenai ban motor, sudah pasti yang akan terjadi ialah kebocoran. Bahkan resiko terburuknya, ban motor dapat mengalami pecah sewaktu-waktu.

3. Kondisi velg motor yang penyok

Velg merupakan salah satu komponen yang sangat dekat kaitannya dengan ban. Kedua komponen ini terpasang dan harus saling melengkapi. Sebuah ban tidak akan bisa berdiri tegak tanpa keberadaan dari kerangka velg.

Nah, karenanya kondisi velg yang bengkok atau penyok juga sering menjadi salah satu alasan terjadinya ban motor bocor halus. Ini biasa terjadi karena bagian velg yang penyok tersebut memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat. Akibatnya, lewat rongga tersebut tekanan angin dalam ban pun akan terus keluar atau berkurang.

4. Kebocoran yang disebabkan oleh komponen pentil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab ban motor bocor halus bisa terjadi karena faktor internal juga. Salah satunya dipengaruhi oleh pentil ban motor yang kendor.

Nah, seringkali para pemilik kendaraan tidak menyadari akan hal tersebut. Permukaan ban motor terlihat baik-baik saja namun sebenarnya masalah terletak pada komponen pentil yang kendor atau tidak kokoh seperti sebelumnya.

Jika sudah demikian, solusi utama yang harus dilakukan adalah dengan membawa motor ke bengkel. Biarkan teknisi yang menangani permasalah tersebut.

5. Bekas tambal ban

Jika ban motor yang digunakan saat ini pernah mengalami bocor sebelumnya atau memiliki riwayat bekas tambalan. Hal tersebut juga dapat memicu terjadinya bocor halus. Ini biasanya disebabkan oleh pengerjaan tambalan yang kurang rapi sehingga masih terdapat sedikit permukaan ban yang terbuka.

Selain itu, bisa juga tambalan yang ditempelkan pada permukaan ban motor kurang merekat dengan kuat.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga