OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  5 Penyebab Munculnya Karat pada Mobil



5 Penyebab Munculnya Karat pada Mobil

18 Feb 2021

Ilustrasi mobil berkarat. (shutterstock)

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada mobil yaitu munculnya karat. Ya, adanya karat pada mobil tak bisa dianggap enteng. Sebab, munculnya dapat merusak mobi Anda.

Seperti diketahui, karat yang menempel pada material berbahan logam terjadi karena adanya reaksi kimia atau korosi, sehingga lama kelamaan dapat mengakibatkan kerusakan mulai dari body hingga sasis mobil. 

Bahkan tak sedikit yang menganalogikan, bahwa kemunculan karat, ibarat kanker di tubuh manusia. Dimana karat akan menyebar dengan cepat dan sulit diatasi jika sudah mencapai level parah.

“Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil,” ungkap After Sales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2/2021).

Oleh karena itu, Imansyah mengatakan, untuk mencegah karat pada mobil sebaiknya rajin lakukan pengecekan body mobil, termasuk melakukan pelapisan ulang anti karat di bagian yang membutuhkan.

Nah, OLXer yang ingin tahu bagaimana munculnya karat pada mobil Imansyah menjabarkan beberapa pemicunya, antara lain. 

1. Dekat dengan pantai

Salah satu pemicu karat mudah tumbuh adalah kandungan mineral yang tinggi pada air laut. Makanya, pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas di wilayah dekat pantai harus lebih hati-hati merawat mobilnya karena sifat air laut yang korosif.

2. Air hujan

Air hujan yang juga mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi, terutama di wilayah perkotaan dengan level polusi tinggi.

3. Tabrakan

Benturan atau tabrakan yang membuat cat mobil terkelupas bisa menjadi asal muasal munculnya karat, kemudian tumbuh lantaran hilangnya lapisan pelindung bodi mobil. 

4. Terkena kotoran 

Kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang yang dapat mengikis permukaan cat. Nah, jika permukaan cat hilang, maka kotoran dengan segala zat nya akan mengikis bagian logam, hingga muncul karat. 

5. Penggunaan alat mencuci mobil 

Ketika mencuci mobil perlu diperhatikan dengan baik, salah satunya penggunaan perlengkapan atau peralatan yang digunakan seperti sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat dapat mengikis lapisan cat atau anti karat.

Cara mencegah karat

Nah, OLXer yang ingin mencegah karat muncul pada mobil, sebaiknya menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin. Apalagi, di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang.

Cara yang paling mudah yaitu rajin mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel. Selain itu, pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat.

Selain itu, perhatikan jika ada bagian mobil yang terkikis lapisan cat atau anti karatnya dan segera perbaiki. Termasuk untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok, segera diperbaiki dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan untuk menghemat biaya asuransi atau belum sempat.

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga