Copied to clipboard!
Tips Beli Mobil Bekas

Ilustrasi Beli Mobil Bekas (Foto : OLX)



TIPS

5 Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Bekas

Author : Zainal Abidin

13 Jul 2020


Dengan berakhirnya pemberlakuan masa pembatasan sosial masyarakat kini bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Namun dengan catatan harus menegakkan aturan protokol kesehatan dengan cara memakai masker dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer.

Orang sekarang lebih nyaman untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Karena risiko tertular virus COVID-19 jauh lebih besar.

Dalam kondisi seperti ini sudah pasti orang banyak berpikir untuk membeli kendaraan, baik itu mobil atau hanya motor. Intinya orang lebih fokus menjaga kesehatan dengan cara beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk membeli sebuah mobil baru tentu harga akan menjadi pertimbangan utamanya. Sehingga pilihan paling pas adalah membeli mobil bekas, kredit ataupun beli secara tunai.

Membeli mobil bekas murah tentu memiliki beberapa keunggulan, selain harga murah dan sesuai dengan bajet yang tersedia, mobil juga bisa langsung dipakai melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebaiknya kalian menyimak 5 persiapan membeli mobil bekas berikut ini: 

1. Kriteria Mobil Incaran

Sebagai pembeli bijak, hendaknya buat kriteria mobil incaran sebelum memulai transaksi beli mobil bekas. Tujuannya agar proses pencarian jadi lebih terarah juga sesuai dengan anggaran. Kalau bingung, gali informasi secara online mengenai mobkas paling banyak dicari oleh pembeli. 

Menurut survei, hingga kini mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi primadona di pasaran. Sebab, MPV punya ukuran kabin cukup luas serta mampu menampung penumpang hingga 7 orang. Kemudian disusul oleh tipe lain seperti SUV, hatchback, dan sedan. Sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

2. Kecukupan Dana

Tak kalah penting juga untuk memastikan bahwa anggaran yang dimiliki sudah cukup sebelum menyetujui transaksi. Jangan sampai karena dananya kurang membuat Anda terpaksa memotong pos anggaran lainnya. 

Bagaimana bila ternyata mobil yang sudah diincar ternyata harganya lebih tinggi dari anggaran? Setidaknya Anda bisa melakukan cara berikut.

Pertama, coba lakukan pencarian ulang guna mendapatkan tipe serupa namun dengan harga lebih murah. Kalau memang tidak ada, bila memungkinkan cobalah melakukan negosiasi harga pada penjual. 

Kalau masih mentok juga, mungkin membeli dengan jalan kredit bisa jadi pertimbangan. Jika Anda merasa tidak masalah dengan cicilan, maka langkah ini bisa jadi solusi. Sebaliknya, bila cicilan hanya akan menjadi beban bulanan, sebaiknya menunda rencana pembelian mobil bekas. 

3. Daftar Bagian yang Perlu Diperiksa Saat Survei

Mendapatkan mobil bekas berkualitas memang menjadi tantangan tersendiri bagi calon pembeli. Sebab, kalau tidak teliti bisa-bisa mobil incaran Anda justru membuat sengsara di kemudian hari akibat kerusakan di mana-mana. Untuk mengatasi hal ini, luangkan waktu guna melakukan survei secara langsung. Siapkan pula daftar komponen yang harus dicek ketika kunjungan nanti. 

Bagian mana saja yang perlu dicek sebelum transaksi jual mobil bekas disepakati?

Perhatikan dengan saksama bagaimana kondisi bodi kendaraan. Jangan buru-buru menyetujui transaksi hanya karena eksteriornya terlihat mulus dan kinclong. Pastikan bahwa kondisi tersebut bukan hasil dari pengecatan ulang. 

Selanjutnya adalah periksa ruang mesin. Untuk hal satu ini dibutuhkan pengetahuan khusus agar bisa membedakan mana mesin sehat dan tidak. Kalau tak seberapa paham lebih baik mengajak mekanik profesional. 

Terakhir, cek kelengkapan dokumen kendaraan juga buku servis guna mengetahui riwayat perawatan. 

4. Biaya Asuransi Mobil

Sebagai salah satu aset berharga, sebaiknya pertimbangkan pula untuk melindungi mobil bekas kesayangan Anda dengan asuransi. Seperti yang diketahui risiko kerusakan akibat umur kendaraan atau kecelakaan seringkali tak terhindarkan. 

Padahal biaya perawatan apabila terjadi kerusakan ringan atau berat cukup menguras kantong. Belum lagi risiko kehilangan akibat pencurian. 

Oleh karena itu, sangat logis apabila saat sudah deal membeli mobil bekas, langsung saja sisihkan bajet lebih untuk membeli polis asuransi. 

5. Dana Perawatan

Pertimbangan terakhir sebelum benar-benar memutuskan beli mobil adalah kesiapan dana perawatan. Masing-masing jenis mobil punya cara dan harga berbeda dalam urusan perawatan. Misal mobil transmisi otomatis punya biaya perawatan lebih mahal daripada mobil transmisi manual. 

Kalau dana tersebut ada, sangat disarankan untuk membawa mobil bekas milik Anda ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan serta perbaikan. Hal ini agar Anda nyaman dan juga bebas rasa was-was berkendara dengan mobil bekas baru Anda.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum berburu mobil bekas. Kalau sudah yakin mau beli mobil, langsung saja cari mobil bekas idaman di OLX.co.id