Copied to clipboard!

Beli mobil bekas di showroom. (Dio Agusti)



TIPS

5 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Author : Herdi Muhardi

16 Mar 2020


Sejuymlah situs jual beli online mobil bekas memang menjamur. Namun begitu bagi sebagian merek yang ingin membeli mobil bekas, belum afdol rasanya jika tak lansung datang ke dealer mobil bekas.

Padahal saat ini membeli mobil bekas di situs jual beli, justru lebih banyak pilihan, serta dealer pun ikut menjual melalui platfom online seperti di OLX.co.id.

Namun begitu, membeli mobil bekas dengan datang ke showroom nya langsung tetap sah-sah saja. Karena dengan datang ke showroomnya, banyak hal-hal yang bisa diulik, mula dari soal pilihan brand, model dan varian, bisa berbincang langsung dengan sales, serta dapat menanyakan banyak hal lainnya.

Akan tetapi jika OLXer jarang sekali menginjakkan kaki di showroom mobil bekas, jangan mau terkecoh ya. Sebaliknya, OLXer harus membekali diri dengan berbagai informasi, termasuk memahami tips membeli mobil bekas di showroom.

1. Lakukan Riset Sebelum Datang ke Showroom

Melakukan riset sebelum datang ke showroom sebaiknya memang perlu dilakukan. Ingat, datang tanpa memahami kendaraan yang OLXer inginkan secara detail adalah kesalahan besar.

Pada kasus pencarian mobil bekas, sebaiknya OLXer meneliti harga beli dan jual untuk model-model tertentu. Data tersebut kelak bakal membantu dirimu untuk memuluskan proses penawaran, mengetahui harga pasar, dan perbandingan dengan mobil lainnya.

Mampu meneliti atau setidaknya membandingkan satu mobil dan lainnya, merupakan upaya mengetahui model yang diminati. OLXer juga bisa memutuskan pilihan mesin, drivetrain, fitur, serta peruntukan lainnya untuk didapatkan lewat kendaraan roda empat incaranmu.

2. Tentukan Harga Realistis Sesuai Kemampuan

Datang ke showroom tanpa tahu patokan harga realistis sesuai kemampuan bisa jadi malapetaka tersendiri. Enggak mau kan, uang habis di luar perkiraan?

Uang untuk membeli mobil pada dasarnya harus disesuaikan dengan kemampuan per bulan. Cara ideal adalah membayar tunai, meski tak menutup kemungkinan bahwa membeli lewat metode mencicil atau kredit bakal diambil jika kebutuhan cukup darurat.

Intinya, lihat biaya hidup sehari-hari seperti tempat tinggal, makanan, asuransi kesehatan, dan hiburan. Setelah dihitung, sisanya dapat digunakan untuk pembayaran mobil, bahan bakar, asuransi mobil, dan pemeliharaan rutin seperti servis.

3. Pastikan Membeli di Showroom Terpercaya

Setelah membeli mobil, acapkali kita baru mengetahui bahwa showroom tersebut tidak memberikan layanan berkelanjutan. OLXer enggak bakal tahu, masalah-masalah apa yang bakal terjadi setelah memakai mobil selama beberapa waktu?

Kondisi di atas bakal lebih merugikan ketika OLXer memaksakan diri membeli mobil yang tak bisa langsung pakai, semisal harus diservis dan dimodifikasi untuk memperbaiki beberapa komponen. Bukannya untuk beli mobil bekas, malah merugi di kemudian hari!

Karena itu, selain mencari tahu soal wujud mobil yang diinginkan, sebaiknya cek juga bagaimana rekam jejak showroom tersebut. Showroom terpercaya biasanya menjual mobil bekas dengan kualitas mumpuni, meski kamu perlu mencoba secara langsung agar lebih yakin.

4. Jangan Lupa Test Drive!

Sekalipun showroom terpercaya, OLXer tidak boleh mengabaikan yang namanya test drive. Tips membeli mobil bekas yang satu ini sangatlah penting agar kita sebagai pembeli lebih yakin. Setidaknya, kesan pertama saat mencoba mobil tersebut adalah baik dan nyaman disetir.

Sebenarnya, tidak ada yang lebih penting dalam proses keputusan memilih mobil ketimbang perasaan nyaman saat mengemudi. Rasakan saat mobil dibawa ke jalan, atur tinggi rendah kursi penyetelan roda, akselerasi, hingga fitur lainnya. Sudahkah semuanya memenuhi?

Ambil setidaknya setengah jam untuk mencoba semua hal pada mobil tersebut. Segala medan mesti dicoba untuk mengetahui apakah kendaraan yang diincar memenuhi segala persyaratan. Setelah nyaman, saatnya masuk pada tahap negosiasi.

5. Teliti Saat Negosiasi Harga

Setelah memutuskan untuk membeli mobil bekas impian, saatnya masuk pada proses negosiasi harga. Pada poin kedua, OLXer sudah tahu berapa anggaran pribadi yang telah disisihkan untuk membeli mobil. Segera tentukan harga yang tepat pada petugas showroom.

Jika anggaran yang dimiliki adalah Rp 100 juta, maka ungkapkan sejujur-jujurnya pada sang petugas. Tak usah ragu bila mobil incaran berharga sedikit di atas anggaran pribadi, meski jangan pula mencari kendaraan dengan harga jauh di atas kocek pribadi.

Itu tadi lima tips membeli mobil bekas di showroom secara ampuh. Selebihnya, OLXer dapat bertanya pada ahli seperti teknisi atau orang-orang terdekat yang lebih mengerti.