Copied to clipboard!

Ilustrasi kaca film sedang dilakukan pemasangan. (Nomad Soul - shutterstock)



TIPS

5 Tips Memilih Kaca Mobil yang Tepat

Author : Herdi Muhardi

20 Mar 2020


Kaca film memang terkesan biasa saja untuk digunakan sebagai aksesori kendaraan. Namun jika diperhitungkan, ia dapat memberikan manfaat luar biasa.

Ya, kaca film bisa melindungi penumpang dari hawa panas hingga cahaya matahari di siang terik. Selain itu, kaca film juga memiliki manfaat lain mulai dari melindungi interior mobil dari paparan sinar matahari, mengurangi resiko dari tindak kejahatan, serta mengurangi resiko terkena serpihan atau butiran kaca jika terjadi kecelakaan.

Oleh karena itu pemilihan kaca film mobil yang tepat dapat membantu kita dari permasalahan-permasalahan tersebut. Makanya, jangan sepelekan aksesori yang satu ini.

Kendati demikian, di pasaran aftermarket ada banyak aksesori kaca film mobil, mulai dari harga murah hingga premium. Namun begitu kaca film juga ada yang abal-abal. Karena itu OLXer harus benar-benar teliti untuk memilih kaca film.

Mengenal Kaca Film untuk Kebutuhan Sehari-hari

Keberadaan kaca film pada dasarnya tak hanya untuk mobil, melainkan sejumlah kaca jendela termasuk di gedung-gedung pencakar langit. Mengingat kaca biasa tak dapat melindungi seutuhnya, maka keberadaan pelapis amat dibutuhkan untuk dipakai pada beberapa media.

Kaca film dirancang untuk tampil dalam kondisi buruk. Maka dari itu, standar dan uji coba secara berkala dirancang untuk memastikan bahwa pelindung tersebut mampu bertahan dalam segala situasi. Kendati begitu, OLXer juga harus pintar dalam memilihnya!

Perlu dicatat, bahan kaca film biasa terbuat dari polyethylene terephthalate (PET) dengan kualitas mumpuni, jernih, dan mudah dari segi perawatan.

Kaca film dikategorikan berdasarkan sejumlah aspek, meliputi komponen pembuatan, tujuan penggunaan (otomotif, kelautan, atau arsitektur), jenis substrat (kaca atau polikarbonat), serta keunggulan (privasi, kontrol matahari, keselamatan, dan keamanan).

Khusus kaca film mobil, terdapat sejumlah regulasi yang mengatur agar penggunaan aksesori tersebut sesuai ketentuan. Contoh, kaca film yang terlalu gelap justru dapat membahayakan. Karena itu ada juga aturannya seperti tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Pewarnaan jendela mobil mengurangi “Visible Light Transmission” (VLT). Ya, hal tersebut dapat menjadi masalah di malam hari, atau ketika pengendara harus dapat melihat melalui jendela kendaraan lain untuk memantau kondisi sekitar.

Selain keselamatan, kadar kaca yang terlalu gelap juga dapat mencurigakan orang sekitar. Polisi misalnya, akan kesulitan jika hendak mengidentifikasi penumpang atau potensi ancaman di dalam kendaraan. Makanya, beberapa peraturan lalu lintas turut berbicara soal kaca film mobil.

Memilih Kaca Film Mobil Secara Tepat

Sebelum membeli kaca film mobil, ada baiknya OLXer memahami tips penting agar tidak salah pilih. Biar enggak salah kaprah, simak di bawah ini!

1. Cermati kadar gelap kaca

Penting bagi OLXer untuk memilih dan mencermati kadar gelap pada kaca film mobil. Semakin gelap, tentu akan berbeda pula kadar kejelasan yang dapat dilihat dari luar. Sejumlah regulasi melarang tingkat kegelapan yang terlalu tinggi.

Posisi kaca dari berbagai sudut mobil harus memiliki kadar kegelapan yang pas. Bagian depan misalnya, cukup 20 persen saja agar cahaya yang masuk dapat seimbang. Sementara di bagian pinggir hingga belakang, bisa memasang kaca film berkadar gelap 40 persen.

2. Harga

Harga hampir selalu menjadi pertimbangan. Memang bagi beberapa kalangan, nominal tersebut masih terjangkau. Namun tetap harus memikirkan isi dompet agar tidak boros di kaca film. Anggarkan sesuai kemampuan, simpan sisanya buat keperluan lain.

Ada banyak hal yang juga harus diperhitungkan sejak awal ketimbang kaca film. Perawatan mesin, aksesori lain, hingga kebutuhan lainnya, jangan sampai terabaikan.

3. Jangan asal gelap,  perhatikan kualitas

Memilih kaca film mobil bukan soal gelap dan elegan saja, tapi juga harus memikirkan kualitas. Ingat, fungsi utama yang harus ada dalam aksesori ini adalah melindungi para penumpang dari sinar matahari dan menjaga lapisan kulit mobil. Bukan buat gaya-gayaan saja, ya!

Kualitas tentu tak akan pernah bohong. Beli kaca film berkualitas murah, dampaknya akan terasa buat yang punya mobil. Anggaplah ini semua adalah investasi masa depan, sehingga penting bagi kita untuk mengutamakan kualitas ketimbang model yang dianggap keren.

4. Pahami berbagai perbedaan kaca film

Berbagai macam warna, corak, opsi, dan harga yang tersedia untuk warna jendela bisa sangat luar biasa. Pertimbangkan ini dan lakukan riset sebelum memutuskan. OLXer harus memilih kaca film yang sesuai dengan kebutuhan, terlihat cocok, dan sesuai dengan aturan berkendara.

Ada sejumlah merek kaca film mobil yang cukup mumpuni, mulai dari 3M, Iceberg, V-Kool, Solar Gard, Llumar, dan masih banyak lagi. Masing-masing menawarkan perbedaan signifikan berdasarkan fungsi. Catat, jangan sampai salah pilih!

5. Konsultasi pada ahlinya

Masih bingung memilih kaca film mobil? Tenang, OLXer bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada montir atau orang yang ahli. Biarkan mereka membimbingmu memilih opsi yang paling tepat. Biasanya, hal ini sudah termasuk dengan biaya pemasangan kaca film.