TIPS PROPERTI

6 Alasan Kenapa Harus Membeli Rumah

16 Oct 2019

Tak sekadar investasi, rumah tapak masih jadi impian orang di Indonesia dibandingkan apartemen. Walau bangunan kecil, namun memiliki rumah tetap dianggap lebih menguntungkan.

Nah, jika OLXer sedang mencari rumah, mungkin artikel kali ini bisa jadi masukan atau referensi, karena kita akan membahas kenapa membeli rumah lebih menguntungkan.

Pertama, luas lahan yang dimiliki rumah bisa dimanfaatkan sebagai spot-spot baru seperti membuat pekarangan atau taman serta tempat bermain anak.

Kedua, investasi rumah jauh lebih menguntungkan dibandingkan apartemen karena OLXer dapat dengan mudah menjualnya kapan saja. 

Sertifikat kepemilikan rumah pun dapat digadaikan jika terdapat kebutuhan yang mendesak.

Ketiga, legalitas sebuah rumah lebih terjamin dengan adanya sertifikat yang legal. Surat-surat kepemilikan ini dapat diwariskan secara turun temurun.

Keempat, memiliki rumah tapak berarti bisa mengubah bentuk sesuai keinginan. Lain halnya dengan apartemen yang biasanya tidak boleh melakukan renovasi.

Kelima, harga hunian rumah tapak juga dianggap lebih murah dibandingkan apartemen, apalagi jika dilihat dari ukurannya.  

Keenam, kediaman di rumah tapak memungkinkan para penghuninya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Kendati demikian, memiliki rumah tapak juga masih ada yang harus diperhatikan dibandingkan apartemen.

Biasanya, rumah tapak jaraknya masih jauh dari lokasi-lokasi strategis, seperti kantor atau pusat perbelanjaan. Selain itu pemilik rumah biasanya  harus mengeluarkan biaya lebih terkait perawatan bangunan, biaya kebersihan, pajak tanah serta pajak bangunannya.(Her)