Copied to clipboard!

Ilustrasi AC mobil Mercedes-Benz. (Herdi Muhardi)



TIPS

6 Cara AC Mobil Tetap Dingin dan Awet

Author : Herdi Muhardi

08 May 2020


Penyejuk udara atau Air Conditioning (AC) mobil menjadi hal yang sangat penting karena dapat memberikan rasa nyaman bagi pengemudi dan penumpang ketika berkendara. Namun perlu dicatat, ketika hujan turun AC mobil juga memiliki peran penting, karena mampu menghilangkan kabut yang menghalangi visibilitas.

Karena fungsinya cukup vital, AC mobil juga perlu melakukan perawatan, agar tetap dapat membuat udara yang dikeluarkan tetap dingin dan bukan hanya angin, serta awet dan tahan lama.

Nah, berikut ini bengkel Rotary Bintaro, memberikan beberapa tips agar AC mobil tetap dingin, dan awet, antara lain;

1. Panaskan AC mobil secara rutin

Tentu saja sama seperti mesin mobil, mesin pada AC pun harus dipanaskan secara rutin walaupun sedang tidak digunakan. Pada saat sedang memanaskan mesin mobil, sebaiknya AC mobil juga ikut dinyalakan.

Hal ini karena jika kompresor AC mobil jarang digunakan makan oli pelumas yang terdapat di dalam kompresor akan mengalami perubahan. Keadaan oli yang jarang dipakai akan mempengaruhi keadaan oli menjadi kurang baik akibatnya bagian-bagian yang berada di dalam material akan mengalami gesekan. Ini akan menjadikan kompresor menjadi tidak akan bertahan lama.

2. Jangan menyalakan AC ketika RPM sedang di atas rata-rata

RPM di atas rata-rata adalah di atas 4.000. Jika sering menyalakan AC ketika mobil melaju kencang seperti itu maka harus memperhatikan kondisi kompresor AC mobil, meskipun mobil melaju pada jalan tol, seharusnya RPM hanya menyentuh angka sekitar 3.000 saja. Ketika kecepatan mesin sedang dalam keadaan tinggi maka perputaran yang terjadi pada kompresor menjadi ikut tinggi.

Masalahnya terjadi ketika kompresor dalam keadaan mati atau menyala maka secara otomatis akan mengukur suhu yang ada di dalam kabin mobil. Ketika putaran pada mesin sedang tinggi dan kompresor sedang menyala atau pun mati itu  akan menjadikan kompresor cepat rusak.

3.  Jangan menyalakan AC ketika mobil masih panas

Jika kondisi kabin sedang panas karena memarkirkan mobil di tempat yang panas biasanya mobil akan langsung menyalakan AC saat masuk kedalam mobil atau akan pergi lagi, tujuan AC langsung dinyalakan pasti agar suhu di dalam kabin mobil bisa cepat dingin dan terasa sejuk kembali.

Sebaliknya, jika AC dinyalakan ketika kabin sedang panas maka akan membuat kompresor AC menjadi cepat rusak.

4. Melakukan perawatan AC mobil secara berkala

Cara paling ampuh agar AC mobil Anda bisa bertahan lama adalah dengan melakukan perawatan yang rutin dan berkala. Waktu yang tepat untuk service AC mobil yaitu setiap 10.000 Km atau maksimalnya pada 20.000 Km.

Dengan perawatan dan juga pembersihan pada seluruh bagian AC mobil maka akan meringankan kerja dari kompresor AC. Dan memperpanjang usia komponen AC.

5. Mengganti komponen pada kompresor AC

Ketika mendengar suara kompresor lebih kasar daripada biasanya, lepas dan bongkar bagian kompresor AC. Bunyi kasar ini bisa karena kebocoran oli yang terjadi.

6.  Ganti kompresor AC Mobil Jika Diperlukan

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan dalam perawatan AC mobil agar AC mobil bisa bekerja dengan baik. Sumber bunyi kasar pada kompresor AC yaitu karena kondisi piston kompresor yang sudah mulai aus.

Perhatikan juga kondisi bagian lain seperti dinding silinder dan klep pada AC. Jika dinding silinder seperti tergores dan terlihat ada baret maka kompresor harus segera diganti agar masalah pada AC tidak bertambah.