OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  6 Cara Mengurangi Mual dan Mabuk Saat Perjalanan



6 Cara Mengurangi Mual dan Mabuk Saat Perjalanan

03 Mar 2020

Ilustrasi seorang anak mual saat berada di dalam mobil. (shutterstock)

Melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi atau bus secara bersama-sama memang lebih menyenangkan. Namun terkadang, tak semua orang menyukai hal tersebut karena alasan sering mengalami gejala mual, pusing atau mabuk perjalanan.

Nah, OLXer yang kerap mengalami mual atau mabuk perjalanan, nyatanya ada juga lho solusinya, yaitu:

1. Buka Jendela

Aa baiknya OLXer sesekali membuka kaca jendela agar terjadi sirkulasi udara di dalam kendaraan.

2. Fokus Menghadap ke Depan

Gejala mual atau mudah bisa saja karena OLXer tidak fokus. Karena itu, ketika mobil melaju ada baiknya memilih tempat duduk yang tepat dan tetap fokus ke arah depan.

3. Jahe

Jahe disebut jadi salah satu cara alternatif yang sangat ampuh mengurangi gejala mual. Caranya, bisa mengkonsumsi makanan atau cairan mengandung jahe seperti teh jahe, mengisap permen jahe atau ngemil biskut jahe.

4. Makanan Mengandung Protein

Ngemil ketika di perjalanan juga bisa menghilangkan gejala mual. Akan tetapi ada baiknya cemilan yang disantap atau diminum mengandung atau kaya akan protein. Sebaliknya, hindari minuman berkarbonasi atau bersoda.

5. Rilek dan Santai

Agar perjalanan jadi tidak terasa, baiknya OLXer tetap rilek dan santai. Cara yang paling mudah adalah membawa bantal lalu pejamkan mata dan tutup lah mata hingga terlelap.

6. Duduk di Depan atau Mengemudi

Penumpang yang duduk di kursi depan ternyata lebih sedikit merasakan mual dibandingkan penumpang belakang. Bahkan, pengemudi juga sangat jarang mual atau mabuk. Karena itu, bisa juga OLXer memilih untuk menjadi pengemudi.

Adapun jika memang OLXer tidak berhasil mempraktekkan enam ulasan di atas, ada baiknya minta saran dokter bagaimana meredakannya.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga