Copied to clipboard!

Ilustrasi jual beli mobil. (shutterstock)



TIPS

6 Cara Menjual Mobil Bekas Saat Pandemi

Author : Herdi Muhardi

29 Jun 2020


Menjual aset seperti mobil di masa pandemi Covid-19 memang menjadi pilihan masyarakat. Maklum, kebutuhan jadi cukup meningkat, di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.  

Nah, jika OLXer memang ingin mendapatkan uang dari hasil menjual mobil, tentu saja saat ini caranya beragam mulai dari konvensional hingga dengan kemudahan berkat  informasi dari berbagai platform media melalui jaringan internet.

Langkah yang baik memang menjualnya sendiri. Hanya saja, OLXer harus ekstra sabar. Sebab jika OLXer ingin menjual mobil saat kondisi pandemi seperti saat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap meminimalisir resiko terinfeksi virus corona, berikut caranya.

1. Jual di Pinggir Jalan

Menjual secara langsung ke pencari mobil bekas memang akan lebih menguntungkan. Sebab, hasil penjualan yang didapat bisa sepenuhnya buat OLXer.

Adapun lokasi untuk menjual juga perlu diperhitungkan, seperti di pinggir jalan yang kemungkinan akan mudah terlihat. Tak lupa pasang papan ‘DIJUAL’ agar pengguna jalan mengetahui bahwa mobil tersebut sedang mencari pemilik baru.

Akan tetapi, jika ingin menjual mobil secara mandiri, OLXer harus ekstra sabar, karena prosesnya bisa saja memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, harus ada perawatan lebih karena mobil mudah kotor terkena debu dan asap knalpot, serta terkena paparan cahaya matahari.

2. Lakukan ke Dealer

Menjual langsung ke dealer atau showroom mobil bekas tentu saja jadi cara yang paling cepat, bahkan dalam sehari mobil jika syarat-syarat terpenuhi bisa langsung berpindah tangan dan OLXer mendapatkan uangnya.

Akan tetapi, perlu diketahui karena kondisi saat ini banyak orang yang menjual mobil sedangkan permintaan pasar masih rendah, alhasil jika menjual mobil ke dealer maka siap-siap harga yang ditawarkan pihak dealer mobil bekas bisa di luar ekspektasi.

3. Manfaatkan Aplikasi

Cara mandiri menjual mobil saat ini bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi berbasis online yang saat ini jamak digunakan banyak orang.

Ya, ketika pandemi seperti saat ini, menawarkan sebuah produk tanpa tatap muka bisa jadi pilihan dan juga sering dilakukan.

Ya, OLXer bisa menawarkan room tour secara virtual dengan menggunakan smartphone yang sudah memiliki aplikasi seperti Facetime, Skype, Zoom, atau layanan video call pada Whatsapp.

Dengan aplikasi OLXer bisa membuka pertanyaan kepada calon pembeli.

4. Rekam dan Unggah ke Media Sosial

Tak sedikit masyarakat yang gemar mencari informasi terupdate saat ini memanfaatkanya melalui situs media sosial.

Nah, cara tersebut juga bisa OLXer lakukan dengan membuat rekamanan video seperti halnya review mobil yang hendak dijual kemudian memposting video tersebut ke Youtube, Instagram atau Twitter.

Ya, OLXer bisa melakukan review langsung dengan cara test drive sembari mengulas kurang lebih mobil secara virtual dengan membuat video dokumenter sendiri.

Setidaknya, manfaatkan kamera atau smartphone untuk merekam, dan hasilnya bisa diunggah di media sosial.

Jika perlu, datangkan orang ahli atau pihak ketiga untuk inspeksi dan tunjukan laporan riwayat kendaraan kepada konsumen.

5. Jual Secara Online

Cara menjual mobil selanjutnya yaitu melalui situs jual beli mobil bekas terpercaya yang sudah terbukti berhasil dalam membantu proses jual beli. Salah satunya olx.co.id.

Di situs ini dalam sebulan jutaan konsumen mengakses OLX.co.id untuk mencari atau menjual mobil baru maupun bekas. Bahkan produk lainnya juga ada di situs ini.

Jika menjual melalui situs OLX.co.id, OLXer bisa mengunggah hanya dengan menggunakan smartphone cukup di rumah saja. Tentu saja ini cara simple, mudah dan praktis, sehingga OLXer cukup menunggu kabar peminat di rumah saja.

Hanya saja, jika memang kondisinya cukup darurat dan mendesak, ada cara instan lain yang cukup praktis dan cepat untuk mendapatkan uang, yaitu melalui belimobilgue.co.id.

Untuk menjual mobil melalui situs ini, maka cara yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir lalu melengkapi data kendaraan yang dijual.

Setelah itu, pihak belimobilgue akan melakukan inspeksi pada mobil OLXer dan memberikan penawaran harga mobil sesuai dengan kondisi. Gimana cukup praktiskan!

6. Buat Aturan Jika Konsumen Ingin Test Drive

Bukan tak mungkin calon pembeli tetap ingin melihat langsung wujud mobil incarannya. Tentu saja, setelah itu mereka ingin melakukan test drive.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pedoman physical distancing dan lengkapi OLXer dan calon pembeli dengan menggunakan masker atau penutup wajah transparan.

Selain itu gunakan sarung tangan karena mungkin saja beberapa bagian akan disentuh oleh calon konsumen. Jika sudah dilakukan test drive, maka sebaiknya dibersihkan kembali beberapa titik yang kemungkinan sudah tersentuh calon konsumen.