OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  6 Cara Nyaman dan Aman Berkendara Sepeda Motor



6 Cara Nyaman dan Aman Berkendara Sepeda Motor

14 Oct 2021

Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Shutterstock)

Mengendarai sepeda motor bukan hanya tahu cara menyeimbangkan badan agar tidak terjatuh, kemudian mengulir handle gas dan menarik rem. Namun mengendarai sepeda juga harus mengetahui teknik nya agar tetap nyaman dan aman.

Pasalnya, tak sedikit dari pengendara sepeda motor nyatanya kerap merasa tubuhnya tak nyaman baik saat diperjalanan maupun sesampainya di tempat tujuan.

Nah, jika OLXer kerap merasa kurang nyaman saat atau pasca berkendara, mungkin ada beberapa kesalahan karena kesalahan atau ketidaktahuan cara mengendarai motor yang benar.

Oleh karena itu, agara mengendarai motor dengan baik dan benar, Wahana Honda memberikan beberapa tips jitu yang patut diterapkan, yaitu : 

1. Tangan mengepal di tuas gas secara full

Sebelum membenarkan posisi duduk, OLXer harus mulai dari posisi tangan terlebih dahulu. Posisi tangan harus menggenggam gas secara sempurna. Kesalahan yang sering terjadi biasanya pengendara hanya menggenggam gas dengan sebagian jari tangan kanan. Sebagian lagi digunakan untuk berjaga-jaga di gas. 

Hal ini sebenarnya bisa menjadikan pengendara tidak maksimal dalam mengendalikan motor. Selain itu, ketika perjalanan jauh, jari tangan bisa pegal dan di udara yang dingin bisa menjadi kram. 

2. Saat mengendarai motor kopling

Jika tangan kanan harus menggenggam gas secara penuh, maka jika motor tersebut tipe sport, sudah pasti tangan kiri digunakan untuk menarik handle kopling.

Untuk kopling bisa OLXer gunakan selama dibutuhkan aja. Maka dari itu, selepas dari memindahkan transmisi, posisikan tangan jangan sampai menempel di kopling, dan kembali menggenggam handle agar motor tetap seimbang.

3. Khusus matik, kaki harus berada di dalam dek

Jika motor OLXer merupakan jenis matik, sebaiknya kaki kita harus dan wajib berada di dalam dek. Hal ini diperlukan, agar melindungi posisi kaki-kaki.

Ya, kaki di dalam dek untuk melindungi dari benturan dan memberikan rasa nyaman dan santai saat motor dipacu.

4. Khusus kopling, perhatikan posisi paha

Biasanya mereka yang punya tinggi badan berlebih akan memilih motor kopling untuk ditunggangi. Alasannya karena kaki mereka tidak muat masuk dalam dek motor matik.

Adapun jika menggunakan motor kopling, sebisa mungkin tangki bensin, dijepit oleh kedua paha. Posisi seperti ini akan membuat kaki lebih tahan lebih lama apabila melakukan perjalanan jauh. 

Selain itu, posisi paha yang menjepit tangki akan menjadikan motor lebih mudah dikendalikan. Bahkan untuk cornering di tikungan yang sulit.

Dengan menjepit tangki menggunakan paha, maka berkendara akan lebih nyaman, dan lebih mudah dalam mengendalikan motor.

5. Posisi badan sedikit menunduk

Jika tangki motor lebih besar, posisikan duduk agar lebih santai dan sedikit menunduk ke arah depan.

Perlu dicatat, ketika menunduk jangan terlalu rendah, karena bisa membuat OLXer capek. Akan tetapi lakukan dengan normal agar punggung dan area bahu akan lebih rileks.

Oia, biasanya motor sport dengan tangki besar membutuhkan stamina ekstra untuk mengendarainya. 

6. Punggung tegak lurus

Terakhir, pastikan posisi punggung tegak lurus dan tidak bungkuk saat berkendara. Walaupun kadang harus cenderung menunduk ke depan, tulang punggung wajib dijaga agar tetap lurus.

Posisi punggung yang baik akan menentukan seberapa  nyaman OLXer melakukan perjalanan selama berkendara.

Selain meluruskan tulang punggung, posisi lengan juga harus paling tidak menekuk sekurangnya 30 derajat agar semakin rileks dalam menunggangi sepeda motor.

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga