Copied to clipboard!

Ilustrasi AC mobil jadi tidak panas. (Istimewa)



TIPS

6 Penyebab AC Mobil Jadi Panas

Author : Herdi Muhardi

19 Nov 2020


Masuk ke dalam kabin mobil dengan hembusan Air Conditioning (AC) yang menyejukan, tentu saja jadi harapan pengemudi maupun penumpang agar terasa nyaman selama perjalanan.

Namun perlu dicatat, hembusan AC dengan kadar sejuk maksimal bisa saja hilang begitu saja dan berganti menjadi udara panas. Ya, hal ini memang bisa saja terjadi pada AC mobil, karena ada beberapa bagian komponen pada AC bermasalah.

Nah, agar OLXer tidak salah prediksi apa masalahnya, berikut ini ada beberapa penyebab AC jadi mengeluarkan hawa panas, yaitu:

1. Refrigeran bocor

Hembusan udara panas yang keluar dari AC bisa saja terjadi karena terjadi kebocoran pada Refrigeran. Kebocoran refrigeran dapat terjadi di sembarang tempat di seluruh proses ketika AC menyala. 

Adapun Refrigerant atau zat pendingin berperan sebagai fluida kerja di dalam mesin refrigerasi, pengkondisian udara, dan sistem pompa kalor. Dengan adanya refrigeran maka berguna untuk meredam panas dan menjaga kabin tetap dingin.

Nah, jika  AC mobil panas karena refrigerant bocor, terkadang agak sulit untuk menemukan di mana kebocoran terjadi.

2. Kondensor bermasalah

Masalah AC panas bisa saja terjadi karena kondensor terhalang atau rusak. Jika kondensor terhalang, maka aliran udara yang berasal dari bagian depan mobil. Nah, jika kondensor terhalang maka bisa menjadi tidak berfungsi, sehingga mengeluarkan AC panas.

Selain terhalang, kondensor AC juga bisa mengalami kerusakan karena beberapa hal. Salah satunya terkena butiran batu atau debu ketika mobil melaju.

3. Kabel rusak

AC panas juga bisa terjadi karena perkabelan yang berhubungan dengan sistem pending ini mengalami kerusakan, atau seperti kabel putus. 

Jika memang OLXer tidak mengetahui bagian mana saja kabel mengalami kerusakan. Maka sebaiknya periksa ke bengkel AC terdekat

4. Kipas pendingin rusak

Fungsi kipas pada AC agar mampu membuat komponen ini tetap dingin. Nah, jika kipas AC bermasalah dan tidak berfungsi, sudah tidak diragukan lagi, bahwa bagian kipas AC bermasalah.

5. Kompresor mati

AC mobil juga punya komponen berupa kompresor. Sesuai namanya, kompresor bekerja dengan mengompresi udara dan menciptakan perbedaan tekanan untuk mendaur refrigeran di AC.

Penyebab kompresor AC mati bisa juga terjadi karena penggunaannya dilakukan secara terus menerus. 

6. Aktuator rusak

Ada bagian pada AC yang disebut aktuator. Aktuator mengontrol pembukaan dan penutupan aliran udara. Ketika aktuator rusa, maka tidak akan bisa mengontrol buka tutup pintu.

Perlu dicatat, jika memang AC menjadi panas namun OLXer tak bisa berbuat banyak , maka solusi yang harus dilakukan adalah mengganti komponen atau memperbaikinya di bengkel AC terpercaya.