Copied to clipboard!

Ilustrasi membunyikan klakson. (GOLFX - shutterstock)



TIPS

6 Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Author : Herdi Muhardi

10 Mar 2020


Saat klakson mobil mati, banyak orang cenderung mengabaikannya. Padahal, meski jarang dipakai, kehadiran klakson akan jadi sangat penting di beberapa kesempatan, seperti untuk memberikan peringatan di depan mata. 

Sebaliknya, saat ini kehadiran klakson sering kali untuk menegur atau “marah-marah” saja saat di jalan. Jika disadari, tugas utama klakson yang sebenarnya  untuk memberi informasi pada orang atau kendaraan untuk memberikan jalan atau memerbikan peringatan.

Hanya saja jika klakson rusak dan waktu yang tepat harus menggunakannya, apakah akan berteriak memberi tanda? Tentu tidak! Itulah sebabnya OLXer harus segera memperbaiki klakson yang tak berbunyi. Supaya tahu jelas, ayo ketahui penyebab dan juga cara mengatasi klakson mobil mati seperti dilansir belimobilgue.com di bawah ini:

Penyebab dan Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati

Jangan abaikan masalah klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ketahui dulu penyebab dan cara mengatasi klakson yang mati berikut ini!

1. Sekering klakson

Saat klakson tidak berfungsi, bagian mobil yang paling pertama patut dicurigai adalah sekring. Sekering merupakan elemen yang berfungsi untuk mengamankan rangkaian listrik dalam mobil agar tak kelebihan muatan.

Nah, apabila terjadi kerusakan atau kabel putus pada sekring, seluruh sistem kelistrikan, termasuk klakson akan kena dampaknya. Akibatnya, suara klakson pun jadi melemah atau bahkan tak bersuara sama sekali.

Umumnya, rangkaian sekring terletak di dalam ruang mesin mobil pada bagian sisi. Bentuknya seperti garpu yang dilapisi oleh plastik berwarna. Jika rusak, kamu cukup melakukan penggantian dengan membeli sekring yang baru.

2. Switch klakson yang bermasalah

Masalah yang terjadi pada switch mobil pun bisa jadi penyebab klakson mogok berbunyi. Bagian switch ini terletak pada tombol klakson dan berhubungan dengan setir mobil.

Untuk memperbaiki kerusakan switch, mau tak mau kamu harus membongkar setir mobil. Akan lebih baik jika kamu mempercayakan hal ini pada montir bila tak punya kemampuan yang mumpuni. Tidak mau ‘kan tiba-tiba ‘tertinju’ airbag ketika membuka stir?

3. Kabel penghubung klakson rusak

Klakson terdiri dari berbagai komponen pendukung yang membentuk kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya bisa cukup besar. Salah satunya adalah komponen kabel penghubung. Cukup banyak hal yang menimbulkan masalah pada kabel. Beberapa di antaranya, yaitu:

– Terkena jamur.

– Terjadinya korosi.

– Putus.

– Terjadi korsleting.

Cara paling gampang untuk mencegah klakson mobil mati ialah dengan mengecek bagian ini secara berkala. Melakukan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali bisa jadi solusi pencegahan.

Bila terlanjur bermasalah, maka lakukan pengetesan terminal menggunakan alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti terjadi kerusakan pada kabel.

4. Masalah pada relay klakson

Tidak semua mobil memang dilengkapi dengan perangkat relay. Jika mobilmu memilikinya, bisa jadi salah satu penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.

Hampir mirip dengan sekring, relay juga punya peran dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri adalah sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.

Masalah yang sering terjadi pada relay ialah terkena kotor maupun air. Pertama, kamu bisa mengecek dan melakukan pembersihan pada bagian ini. Bila terjadi kerusakan pada relay, segeralah melakukan penggantian. Tenang saja, penggantian ini tidak akan memakan banyak biaya, kok.

5. Klakson mengalami kerusakan

Nah, misalkan tidak terjadi kerusakan pada relay maupun sekring, kemungkinan besar malah klakson mobil yang keadaannya jelek. Agar bisa mengetahui penyebab sebenarnya, lakukanlah tes dengan memberikan arus listrik. Cara untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek adalah sebagai berikut:

– Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.

– Pasang kabel jumper untuk menghubungkan salah satu ujungnya pada terminal baterai positif dan yang lainnya pada klakson.

– Saat kamu menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat dan segera lepaskan kawat jumper dari klakson.

– Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil mengalami kerusakan.

Dengan demikian, yang harus kamu lakukan adalah membawa mobil ke bengkel untuk mengganti atau memperbaiki klakson.

6. Masalah pada airbag setir

Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir bisa jadi sumber masalah dan penyebab klakson mobil mati. Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan dalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula ketika bagian ini mengalami kerusakan.

Untungnya, jika airbag mengalami kerusakan, akan ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Setali tiga uang, kamu pun bisa langsung mengetahui penyebab klakson mati dan langsung melakukan penanganan.

Itulah tadi pembahasan dari OLX.co.id seperti dilansir belimobilgue.com mengenai penyebab klakson mobil mati dan cara penanganannya. Ingat, jika tidak bisa memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga ulasan di atas bermanfaat.