OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  7 Cara Jika Mobil Terpaksa Harus Melewati Jalan Genangan Pasca Hujan



7 Cara Jika Mobil Terpaksa Harus Melewati Jalan Genangan Pasca Hujan

14 Nov 2019

Turun hujan memang membawa berkah. Namun begitu, tak sedikit yang merasa ketika hujan sangat lebat maka timbul masalah baru, yaitu banjir hingga pohon tumbang.

Selain itu, pasca hujan turun ternyata menimbulkan banyak genangan yang sangat mengganggu. Pasalnya, genangan yang ada di depan mata bisa sangat menjebak. Alih-alih ingin menerabas genangan, ternyata berimbas pada masalah mobil yaitu mesin mogok dan rusak.

Karena itu OLXer yang mengendarai mobil sejatinya harus cermat dan cekatan, sebab kalau jalanan tergenang ada baiknya jangan dilalui. Sebaliknya, jika memang harus menerabas genangan harus dilihat situasi dan kondisinya. 

Nah, berikut ini beberapa tips jika terpaksa harus menerabas genangan.

Pertama, pastikan mobil Anda bisa melaluinya. Genangan air usai hujan sulit diprediksi. Karena itu, mobil dengan ground clearance (jarak sasis mobil ke tanah) rendah seperti sedan atau citycar disarankan untuk menghindari genangan air.

Sebaliknya mobil dengan ground clearance seperti SUV akan lebih mumpuni. Akan tetapi pengendara mobil SUV harus memastikan juga genangan air yang dilalui bisa diterabas.

Kedua, matikan pendingin kabin atau air conditioning (AC). Apabila kondisi jalanan tergenang namun kondisi AC menyala, maka hal tersebut berimbas membuat mesin mati. Hal ini karena kipas elektronik akan berputar dan mengakibatkan air menyiprat dan masuk ke dalam mesin.

Jika mesin tidak mati, kemungkinan kipas elektronik akan berputar dan menarik puing-puing yang mengambang di air sehingga dapat memecahkan kipas dan membuat mesin terlalu panas.

Ketiga, pastikan filter udara tetap aman. Sering kali pengemudi sembrono dan sangat percaya diri ketika melalui genangan. Namun gelombang atau riak air bisa saja merendam filter udara apalagi masuk ke dalam ruang pembakaran. Inilah yang membuat mesin rusak.

Keempat, setelah keluar dari air, lakukan injak-lepas rem secara perlahan. Caranya cukup mudah, injak rem dengan kaki kiri, jika Anda terbiasa dengan teknik ini. Bisa juga injak berkali-kali.

Kelima, bersihkan bagian bawah dan roda. Bukan tak mungkin ketika melewati genangan akan ada kotoran tersangkut, entah itu sampah plastik atau rumput-rumput.

OLXer juga bisa berhenti sejenak dan pastikan kendaraan tidak ada sampah atau serpihan lainnya yang terjebak dalam grille atau sirip radiator di bagian belakang.

Keenam, bawa ke bengkel dan ganti oli. Jika mobil merasa melewati genangan air cukup dalam, maka baiknya bawa mobil ke bengkel dan jangan lupa mengganti oli.

Ketujuh, jika saat melewati genangan air ternyata masuk ke dalam kabin, maka lepas karpet dalam mobil untuk mencegah jamur dan bau.

Nah, itulah tipsnya jika harus menerjang genangan air. Namun jika memang ragu melewatinya maka OLXer harus berbalik arah atau menunggu hingga genangan air surut. (Her)

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga